PENGARUH RELIGIUSITAS, MOTIVASI, TINGKAT PENGHASILAN, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN SANKSI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pelaku UMKM Kota Semarang)

Saputri, Nurma Anidya (2022) PENGARUH RELIGIUSITAS, MOTIVASI, TINGKAT PENGHASILAN, PENGETAHUAN DAN PEMAHAMAN PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DENGAN SANKSI PAJAK SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pelaku UMKM Kota Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31402100180_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402100180_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yakni menganalisis pengaruh sanksi perpajakan terhadap kepatuhan WP UMKM di Kota Semarang, serta pengaruh religiusitas, motivasi, penghasilan, pengetahuan, dan pemahaman tentang pajak. WP UMKM di Semarang merupakan populasi untuk analisis ini. Sampling purposive digunakan untuk penelitian ini untuk mengumpulkan data perwakilan dari populasi pada umumnya; khususnya, data WP usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dimana pendapatan tahunan < $4,8 miliar. 100 peserta digunakan untuk penelitian ini, namun mereka mewakili populasi yang diteliti. Analisis deskriptif serta kuantitatif (meliputi uji kualitas data, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis) dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 26. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa di Kota Semarang kepatuhan WP UMKM dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh agama, tingkat pendapatan, tingkat pendidikan, dan pengetahuan perpajakan, tetapi tidak dipengaruhi oleh motivasi. Pengaruh variabel independen kepatuhan WP tidak dapat dimediasi oleh variabel dependen sanksi pajak Kata kunci: Religiusitas, Motivasi, Tingkat penghasilan, Pengetahuan perpajakan, Pemahaman perpajakan, dan Sanksi pajak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:24
Last Modified: 13 Jul 2023 06:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29691

Actions (login required)

View Item View Item