SISTEM PAKAR DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN BACKWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN JAMBU AIR JENIS DELIMA

WULANDARI, NETI (2023) SISTEM PAKAR DENGAN METODE FORWARD CHAINING DAN BACKWARD CHAINING UNTUK DIAGNOSA PENYAKIT TANAMAN JAMBU AIR JENIS DELIMA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Informatika_32601900025_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601900025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)

Abstract

Jambu air jenis delima merupakan buah unggulan dari kota Demak, pada jambu air jenis delima memiliki rasa khas yang segar dan manis, hal ini menjadikan buah jambu air jenis delima begitu diminati dan disukai semua kalangan usia. penjualan jambu air jenis delima sudah mencapai luar wilayah kota Demak. sebagai buah unggulan, buah jambu air jenis delima memiliki peran dalam membantu perekonomian masyarakat kota Demak. kurangnya pengetahuan petani terhadap hama dan penyakit buah jambu air jenis delima berpotensi terjadinya gagal panen. oleh karena itu dibuat sistem pakar diharapkan dapat menjadi solusi dari permasalahan para petani. Pada tugas akhir sistem pakar menggunakan penelusuran ke depan (metode Forward Chaining) diagnosa bersumber dari gejala dan penelusuran ke belakang (metode Backward Chaining) diagnosa bersumber dari penyakit, dengan berdasarkan basis pengetahuan pakar yang di intrepretasikan ke dalam sistem. pengguna bisa mendiagnosa gejala dan penyakit sesuai yang dialami. Hasil dari sistem tersebut akan menampilkan kesimpulan penyakit dan cara pengendalian dari diagnosa pengguna. Kecocokan hasil sistem berdasarkan basis pengetahuan dari pakar sudah valid. hasil dari penelitian ini menujukan bahwa metode dapat berjalan dengan baik pada sistem pakar. Kata kunci : Jambu air, Forward Chainning, Backward Chaining, hama dan penyakit, sistem pakar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:29
Last Modified: 17 Jul 2023 06:29
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29678

Actions (login required)

View Item View Item