IMPLEMENTASI FITUR PENGACAK SOAL MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI AYO SINAU AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS KELAS III A SD MA’HAD ISLAM SEMARANG)

SAKINAH, SAKINAH (2022) IMPLEMENTASI FITUR PENGACAK SOAL MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SHUFFLE PADA GAME EDUKASI AYO SINAU AKSARA JAWA BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS KELAS III A SD MA’HAD ISLAM SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Informatika_32601700023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601700023_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saat ini model pembelajaran siswa dikelas cukup bervariatif diantaranya adalah dengan memperlihatkan video yang berkaitan dengan materi terkait menggunakan media ajar yang telah banyak tersedia di ruang kelas. Namun, tidak semua akan berjalan optimal, apalagi jenis pelajaran yang dinilai megharuskan lebih banyak latihan. Selain itu dimasa akhir pandemi ini, siswa perlu beradaptasi kembali dengan cara belajar yang dinilai baru. Yang semula belajar dirumah , menjadi full di sekolah. Salah satu mata pelajaran yang dinilai perlu banyak latihan dan pemahaman adalah Bahasa Jawa kompetensi dasar Aksara Jawa. Pada pelajaran muatan lokal ini, anak anak diharuskan menghafal bentuk tulisan dan bunyinya. Dalam hal ini diperlukan metode pengajaran yang dinilai dapat membantu memantau dan meningkatkan pembelajaran dirumah, namun juga dapat dilakukan di sekolah. Karena pokok permasalahan tersebut, penulis menemukan Salah satu model pembelajaran yang menarik yaitu dengan membuat Game yang dapat merecord kemajuan dan menampikan soal tanpa diulang agar siswa lebih berkonsentrasi. Metode yang digunkan adalah Fisher Yates Shuffle. merupakan metode pengacakan soal tanpa perulangan bersarang. Hal ini sangat cocok untuk model pembelajaran yang megharuskan mengingat dengan baik. Kata kunci : Game, Fisher Yates Shuffle, Bahasa Jawa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:35
Last Modified: 17 Jul 2023 06:35
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29652

Actions (login required)

View Item View Item