SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN USAHA WARALABA MINUMAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION)

SETIYO PUTRI, CITA (2022) SISTEM REKOMENDASI PEMILIHAN USAHA WARALABA MINUMAN MENGGUNAKAN METODE TOPSIS (TECHNIQUE FOR OTHERS PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Informatika_32601700006_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Teknik Informatika_32601700006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)

Abstract

Banyak berbagai kalangan, terutama pemilik bisnis dan mereka yang ingin memulai usaha sendiri tertarik dengan usaha waralaba minuman. Namun dikarenakan banyaknya kriteria atau kesamaan sistem yang sama, maka diperlukan suatu sistem rekomedasi yang bisa digunakan untuk pemilihan usaha waralaba minuman agar dapat mempermudah pengusaha dalam memilih waralaba minuman. Metode yang digunakan yaitu metode topsis. Untuk mendapatkan suatu solusi, kriteria dan bobot dibutuhkan sebagai penentu dalam penelitian ini. Kriteria yang ditentukan berupa lama berada dalam bisnis, modal, fasilitas dan cakupan pasar. Untuk memastikan hasil perhitungan metode topsis, dilakukan perbandingan dengan perhitungan manual. Aplikasi sistem rekomendasi pemilihan usaha waralaba minuman dengan menggunakan metode topsis telah berhasil dibuat. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, hasil yang diperolehan dengan skor nilai tertinggi 0,7767 pada pemilihan usaha waralaba minuman ini. Kata Kunci: Waralaba Minumaan, Topsis, Pengusaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Informatika
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:00
Last Modified: 17 Jul 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29649

Actions (login required)

View Item View Item