PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Bank Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode Tahun 2018-2020)

Firdausi, Salsabila Asma (2022) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Bank Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode Tahun 2018-2020). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31402000252_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi_31402000252_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. ICSR mampu mempengaruhi nilai perusahaan dimana menurut teori legitimasi, perusahaan terikat oleh kontrak sosial implisit dengan pemangku kepentingan. Oleh karena itu, merupakan tanggung jawab mereka untuk menjalankan bisnis mereka atas dasar kepercayaan dengan melaksanakan tanggung jawab sosial. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi pengungkapan ICSR maka semakin tinggi pula pengaruhnya terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas mampu mempengaruhi nilai perusahaan, dimana menurut teori signalling yang menyatakan bahwa profitabilitas yang tinggi menunjukkan prospek perusahaan baik. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan yang diperoleh melalui situs web Otoritas Jasa Keuangan dan bank syariah terkait. Berdasarkan teknik purposive sampling dihasilkan 33 data. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tahun 2018-2020. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan yang telah dikemukakan pengaruh ICSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (Studi empiris pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan Periode Tahun 2018-2020) dapat ditarik kesimpulan ICSR terbukti tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa peningkatan nilai perusahaan tidak dipengaruhi peningkatan ICSR artinya kebijakan ICSR yang dilakukan perusahaan tidak mempengaruhi nilai perusahaan. Profitabilitas terbukti berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Hal ini mengindikasikan bahwa semakin besar profitabilitas dapat meningkatkan kebijakan perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan, dimana profitabilitas yang besar membuat nilai perusahaan juga meningkat. Kata kunci: Islamic Corporate Social Responsibility, profitabilitas dan nilai perusahaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 17 Jul 2023 07:23
Last Modified: 17 Jul 2023 07:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29636

Actions (login required)

View Item View Item