PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021)

Pratiwi, Misni Widya (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, SOLVABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY DAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Empiris pada Perusahaan Sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
Akuntansi_31401900233_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31401900233_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas dan solvabilitas terhadap audit delay dan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi. Audit delay merupakan suatu keadaan dimana perusahaan mengalami keterlambatan di dalam penerbitan laporan keuangan auditan sehingga kondisi ini dapat berpengaruh terhadap kualitas informasi laporan keuangan. Dasar yang digunakan untuk memahami audit delay adalah agency theory, signaling theory, dan compliance theory. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan sektor Properti dan Real Estate yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah audit delay. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah profitabilitas dan solvabilitas. Variabel moderasi dalam penelitian ini adalah ukuran perusahaan. Data penelitian berupa laporan keuangan tahunan yang didapatkan dari laman resmi www.idx.co.id dan laman resmi perusahaan terkait. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi moderasi (Moderated Regression Analysis) dengan aplikasi SPSS. Keyword : profitabilitas, solvabilitas, ukuran perusahaan, audit delay

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Jul 2023 07:09
Last Modified: 14 Jul 2023 07:09
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29616

Actions (login required)

View Item View Item