"HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA TENTANG PENYAKIT TBC DENGAN KEPATUHAN DALAM MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI BKPM SEMARANG"

SARI, NURMALITA (2011) "HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN PENDERITA TENTANG PENYAKIT TBC DENGAN KEPATUHAN DALAM MINUM OBAT ANTI TUBERKULOSIS DI BKPM SEMARANG". Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070080-S1kep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar Belakang : Penyakit Tuberkulosis (TBC) saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat didunia, terutama di negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Pengetahuan pasien tentang penyakit TBC paru merupakan salah satu sarana pendukung yang sangat penting untuk meningkatkan peran serta pasien dalam menangani penyakit TBC paru. Tidak hanya itu saja kepatuhan dari seorang penderita TB juga dapat terlihat dari ketekunan dan keteraturan penderita dalam berobat yang memerlukan waktu yang lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan penderita tentang penyakit TBC dengan kepatuhan dalam minum obat anti tuberkulosis. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan studi korelasi dengan pendekatan cross sectional pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Jumlah responden sebanyak 95 orang dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus chi square. Hasil : Hasil penelitian menunjukan 36,8% responden memiliki pengetahuan cukup,32,6% berpengetahuan baik dan 30,5% memiliki pengetahuan kurang. Sebanyak 55,8% responden yang patuh dalam minum obat TB Paru dan untuk nilai p value= 0,01, sedangkan untuk uji Contingency Coefficient didapatkan basil nilai r sebesar 0,362. Simpulan : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan penderita tentang penyakit TBC dengan kepatuhan dalam minum obat anti tuberkulosis. Kata kunci : Pengetahuan, Penyakit TBC, Kepatuhan dalam minum obat anti tuberkulosis Daftar Pustaka : 20 (2002 - 2010)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:40
Last Modified: 05 Jul 2023 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29503

Actions (login required)

View Item View Item