INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL SEBAGAI ALAT UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGHENTIKAN ATAU MELANJUTKAN PRODUKSI SUATU PRODUK PERUSAHAAN RIZ FURNITURE SEMARANG

WIJAYANTO, HENDRIAN (2004) INFORMASI AKUNTANSI DIFERENSIAL SEBAGAI ALAT UNTUK PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGHENTIKAN ATAU MELANJUTKAN PRODUKSI SUATU PRODUK PERUSAHAAN RIZ FURNITURE SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
14980590-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

RIZ FURNITURE merupakan perusahaan meube1 yang memproduksi 4 jenis produk, yaitu meja kursi tamu, almari pakaian, bufet hias, dan bufet TV. Berdasarkan laporan keuangan perusahaan menunjukan ada indikasi bahwa salah satu produknya yaitu meja kursi tamu dalam kondisi yang tidak menguntungkan selama beberapa tahun. Oleh karena itu perlu adanya analisis mengenai keputusan menghentikan atau melanjutkan produk meja kursi tamu tersebut, sehingga dapat membantu menutup biaya produksinya. Penelitian ini merupakan studi kasus tahun 2003 yang dilakukan pada perusahaan RIZ FURNITURE dimaksudkan untuk melakukan penelitian secara intensif dan mendalam untuk mcngetahui permasalahan yang berhubungan dengan pengambilan keputusan menghentikan atau melanjutkan produksi suatu produk yaitu meja kursi tamu. Alat evaluasi keputusan melanjutkan produksi suatu produk yang merugi adalah menggunakan informasi akuntansi diferensial. Penggunaan alat ini berpedoman pada besamya kerugian produk tertentu. Jika besarnya biaya yang terhindarkan lebih besar dari pendapatan penjualan, maka produk tersebut sebaiknya dihentikan produksinya, akan tetapi jika biaya yang terhindarkan lebih kecil dari pendapatan penjualan, maka produk tersebut dapat dilanjutkan produksinya. Perlu pemisahan biaya menjadi biaya tetap, biaya variabel dan biaya semi variabel, selanjutnya biaya tetap dibedakan menjadi biaya tetap terhindarkan dan biaya tetap tidak terhindarkan. Keputusan menghentikan produksi suatu produk akan tepat apabila kedua hal tersebut diatas menghasilkan manfaat yang positip. Hasil penelitian menunjukan bahwa sesuai analisa akuntansi differensial,perusahaan RIZ FURNITURE lebih menguntungkan bila menutup produksi produk meja kursi, tetapi kenyataannya perusahaan RIZ FURNITURE Semarang tetap melanjutkan kegiatan produksi produk yang merugi dengan alasan perusahaan ingin tetap melestarikan pangsa pasar tanpa ada pertimbangan biaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 04 Jul 2023 03:58
Last Modified: 04 Jul 2023 03:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29462

Actions (login required)

View Item View Item