HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEMAMPUAN TOILETING ANAK USIA TODDLER DI PAUD ANGGREK SEMBUNGHARJO GENUK SEMARANG

Ningsih, Ratna Fithria (2011) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN IBU TENTANG TOILET TRAINING DENGAN KEMAMPUAN TOILETING ANAK USIA TODDLER DI PAUD ANGGREK SEMBUNGHARJO GENUK SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070094-S1kep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang : anak usia toddler tennasuk dalam Jase anal di mana anak memasuki masa toilet training (masa yang tepat untuk dilatih buang air besar dan buang air kecil pada tempatnya). Pencapaian tersebut rata-rata anak usia (2-3 tahun). Dalam studi, dengan mewawancarai 157 ibu yang memiliki anak yang berusia lebih dari 3 tahun yaitu usia 4-12 tahun yang rutin berkonsultasi pada dokter karena anaknya masih mengompol. Faktor penyebab anak masih mengompol karena kurangnya pengetahuan ibu tentang toilet training. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengetahuan ibu tentang toilet training, kemampuan toileting anak dan hubungan antara pengetahuan ibu tentang toilet training dengan kemampuan toileting anak usia toddler di PAUD Anggrek Sembungharjo Genuk Semarang. Metode : Jenis penelitian ini adalah correlation study dengan menggunakan rancangan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu dan anak usia toddler di PAUD Anggrek Sembungharjo Genuk Semarang yang berjumlah 39 orang, dengan tehnik total sampling. Pengukuran pengetahuan menggunakan kuesioner sedangkan pengukuran toileting kemampuan anak menggunakan lembar observasi. Analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan analisa chi square Basil : Dari 39 responden didapatkan basil karakteristik sebagian besar responden berusian 27-29 tahun 38,5% responden. 46,2% responden berpendidikan SMA,dan 51,3% responden Tidak Bekerja/RT. Hasil penelitian menunjukan pengetahuan ibu tentang toilet training menunjukkan baik sebanyak 51,3% responden, kemampuan toileting anak menunjukkan cukup sebanyak 53,8% responden serta ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang toilet training dengan kemampuan toileting anak usia toddler di PAUD Anggrek Sembungharjo Genuk Semarang. Hasil uji chi square dengan taraf signifikan 5% (0,05) didapatkan basil p value = 0,036 Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang toilet training dengan kemampuan toileting anak usia toddler di PAUD Anggrek Genuk Semarang Kata Kunci : Pengetahuan ibu tentang toilet training, kemampuan toileting, anak usia toddler Daftar Pustaka: 28(2001-2010).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 03 Jul 2023 07:16
Last Modified: 03 Jul 2023 07:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29421

Actions (login required)

View Item View Item