EVALUASI METODE HARGA POKOK PESANAN PADA CV. IL MU HIKMAH PEKALONGAN

NUGROHO, ARIF SRI (2000) EVALUASI METODE HARGA POKOK PESANAN PADA CV. IL MU HIKMAH PEKALONGAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
14940268-FEakt.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dalam era perdagangan bebas sekarang ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan, baik itu perusahaan jasa, manufaktur dan perusahaan dagang bersaing memperoleh laba sebanyak-banyaknya untuk kelangsungan hidup perusahaannya. Pada perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan metode harga pokok pesanan sangat berperan penting dalam menentukan laba yang akan diperoleh perusahaan. Selain untuk menghitung laba atau rugi tiap pesanan, metode harga pokok pesanan juga memberikan informasi kepada perusahaan untuk menentukan harga jual yang akan dibebankan kepada pemesan, mempertimbangkan penerimaan atau penolakan pesanan, memantau realisasi biaya produksi serta untuk menentukan harga pokok persediaan produk jadi dan produk dalam proses yang disajikan dalam neraca. Perusahaan yang produksinya berdasarkan pesanan, biaya produksi dibagi enjadi dua kelompok, biaya produksi langsung dan biaya produksi tidak langsung. Biaya produksi langsung dibebankan kepada pemesan berdasarkan biaya yang sesungguhnya terjadi, sedankan biaya produksi tidak langsung dibebankan kepada produk berdasarkan tarif yang ditentukan dimuka. Untuk mencatat biaya produksi, baik yang langsung maupun tidak langsung, di dalam buku besar disediakan rekening barang dalam proses. Untuk merinci biaya produksi yang dicatat dalam rekening barang dalam proses tersebut. Oleh karena pentingnya metode harga pokok pesanan, hendaknya setiap perusahaan yang berproduksi berdasarkan pesanan menggunakan metode hara pokok pesanan untuk menentukan harga pokok produksi. CV. ILMU HIKMAH merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang percetakan, dimana spesifikasi produksinya ditentukan oleh pemesan. Dalam menentukan harga pokok produksi CV. ILMU HIKMAH menggunakan metode harga pokok pesanan dengan pendekatan full costing yaitu metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur-unsur biaya produksi ke dalam harga pokok produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik baik yang berperilaku variabel maupun tetap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jun 2023 07:56
Last Modified: 27 Jun 2023 07:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29382

Actions (login required)

View Item View Item