HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN WANITA PREMENOPOUSE TENTANG MENOPOUSE DENGAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPIMENOPOUSE DI DESA MONDOTEKO REMBANG

Farida, Helmi (2011) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN WANITA PREMENOPOUSE TENTANG MENOPOUSE DENGAN TINGKAT KECEMASAN MENGHADAPIMENOPOUSE DI DESA MONDOTEKO REMBANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070044-S1kep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar Belakang : menopouse adalah tahap atau masa yang ditandai dengan berhentinya haid yang disebabkan tubuh sudah kehabisan sel telur dan penurunan honnon estrogen. Pada wanita yang menghadapi menopouse, pengetahuan dapat mempengaruhi kecemasan wanita dalam menghadapi menopouse. Tujuan : mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan wanita premenopouse tentang menopouse dengan tingkat kecemasan menghadapi menopouse di Desa Mondoteko Rembang. Metode penelitian : metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode observasi analitik dengan pendekatan cros sectional. Penelitian ini dilakukan pada wanita premenopouse yang berusia 40-49 tahun di Desa Mondoteko Rembang pada tanggal 10 Mei 2011 dengan menggunakan teknik pengambilan sampel secara porpusive sampling sebanyak 126 orang. Basil : basil analisa univariat menunjukkan pada tingkat pengetahuan wanita tentang menopouse mempunyai pengetahuan kurang sebanyak 46,8% dan pada tingkat kecemasan wanita menghadapi menopouse mengalami tingkat kecemasan berat sebesar 38,9% sedangkan basil analisa bivariat dengan menggunakan uji chi-square menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan tingkat kecemasan menghadapi menopouse dengan nilai p value= 0,005. Simpulan : ada hubungan antara tingkat pengetahuan wanita premenopouse tentang menopouse dengan tingkat kecemasan menghadapi menopouse di Desa Mondoteko Rembang. Kata kunci : Pengetahuan, Kecemasan, Menopouse Daftar pustaka : 22 (1994 -- 2010)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:46
Last Modified: 27 Jun 2023 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29341

Actions (login required)

View Item View Item