HUBUNGAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG SADARI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU--IBU PKK DALAM UPAYA DETEKSI DINI KANKERPAYUDARA (Penelitian dilakukan Di Duson Wates Kradenan Grobogan-Purwodadi)

Agustanti, Veronica (2011) HUBUNGAN PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG SADARI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PERILAKU IBU--IBU PKK DALAM UPAYA DETEKSI DINI KANKERPAYUDARA (Penelitian dilakukan Di Duson Wates Kradenan Grobogan-Purwodadi). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070114-S1kep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang: Angka kejadian kanker payudara tergolong tinggi, hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan tentang upaya deteksi dini kanker payudara sehingga saat menyadari adanya kanker dipayudara sudah dalam stadium IV. Untuk mengetahui keadaan payudara apakah normal atau tidak, dianjurkan melakukan pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) secara rutin. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan penyuluhan kesehatan tentang SADAR! terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku ibu-ibu PKK dalam upaya deteksi dini kanker payudara di Dusun Wates Desa Kradenan Grobogan-Purwodadi. Metode: Jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Post test Design, alat pengumpulan data berupa lembar kuesioner yang diisi oleh responden dan dengan tehnik wawancara dan chek-list observasi yang dilakukan oleh peneliti. Jumlah responden sebanyak 66 orang dengan teknik simple random sampling. Data yang diperoleh diolah secara statistik dengan menggunakan rumus Wilcoxon Match pairs Test. Basil: Berdasarkan basil analisa sebelum dilakukan penyuluhan pengetahuan ibu-ibu PKK kategori tinggi (10,6%) 7 responden, sikap kriteria baik (0) dan perilaku kriteria tepat (0) responden. Sedangkan setelah penyuluhan pengetahuan ibu-ibu PKK kategori tinggi, 40(60,6 %) responden, sikap kategori baik (6,1%) 4 responden, dan perilaku kategori tepat (28,8%) 19 responden. Simpulan: Ada hubungan penyuluhan kesehatan tentang SADAR! terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku ibu-ibu PKK dalam upaya deteksi dini kanker payudara yang berdasarkan nilai Sig sebesar 0,00 (nilai p). Kata kunci: penyuluhan kesehatan, pengetahuan, sikap, perilaku, pemeriksaan payudara sendiri Daftar Pustaka: 26 (2001-2010)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 27 Jun 2023 03:43
Last Modified: 27 Jun 2023 03:43
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29337

Actions (login required)

View Item View Item