EVALUASI PENENTUAN TARIP/HARGA JUAL AIR MINUM Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Grobogan

SISWANTO, EKO BUDI (1997) EVALUASI PENENTUAN TARIP/HARGA JUAL AIR MINUM Studi Kasus pada Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Grobogan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
14920112-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tingkat II Grobogan adalah perusahaan Pemerintah yang bergerak dalam bidang penyediaan air bersih akan dikonsumsi masvarakat sebagai konsumen yang akhirnya dapat meningkatkan tingkat kesehatan Daerah Daerah yang pada dan sesejahteraan masyarakat. Dalam mengevaluasi penentuan tarip/harga jual air diperlukan landasan teori vang berupa pengertian biaya,harga pokok produksi, penggertian harga jual, penggolongan biaya dan metode penentuan harga iual. Biaya adalah merupakan pengorbanan ekonomi yang diukur dalam satuan uang. yang telah terjadi atau yang mungkin terjadi dalam mencapai tujuan tertentu. Penggolongan biaya dapat digolongkan menurut obiek dasar pengeluaran, atas dasar fungsi-fungsi pokok dalam perusahaan, atas dasar hubungan biaya dengan sesuatu yang dibiayai, atas dasar tingkah lakunya dalam hubungannya dengan perubahan volume kegiatan dan penggolongan biaya atas dasar waktu. Penggolongan biaya yang dilakukan oleh Perusahan Daerah Air Minum Kabupaten Daerah Tingkat II Grobogan adalah atas dasar rungsi-fungsi pokok yaitu biaya produksi yang terdiri dari biaya sumber air, biaya pengolahan air dan biaya transmisi dan distribusi. Sedangkan untuk biaya non produksi terdiri atas biaya administrasi dan umum serta biaya penyusutan dan amortisasi instalasi non pabrik. Sedangkan metode yang digunakan dalam menentukan tarip harga jual adalah metode penentuan harga jual atas dasar peraturan pemerintah. Perhitungan harga pokok produksi yaitu dengan membagi iumlah seluruh biaya yang selama satu periode akuntansi atas total didistribusikan. air yang diperoleh dikeluarkan Perhitungan harga jual air dilakukan dengan mengalikan harga pokok produksi air dengan tarip yang berlaku pada PDAM Kabupaten DATI II Grobogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:17
Last Modified: 26 Jun 2023 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29263

Actions (login required)

View Item View Item