PENGARUH UPAH INSENTIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIK TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN WEAVING PADA PT. EASTERNTEX PANDAAN PASURUAN

AMIN, ACHMAD RUCHUL (2003) PENGARUH UPAH INSENTIF DAN GAYA KEPEMIMPINAN DEMOKRATIK TERHADAP MOTIVASI KERJA KARYAWAN BAGIAN WEAVING PADA PT. EASTERNTEX PANDAAN PASURUAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04986581S-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan dunia industri, persaingan antar perusahaan sejenis tidak dapat dihindarkan lagi. Perusahaan dihadapkan pada masalah-masalah bagu, bagaimana mendapatkan basil yang sesuai dengan sasaran. Langkah yang dilakukan perusahaan adalah dengan cara meningkatkan semangat kerja karyawan yaitu memotivasi karyawan dengan menggunakan upah intensif dan menciptakan suasana kerja yang demokratik dengan menggunakan gaya kepemimpinan demokratik. Atas dasar hal tersebut maka dalam penelitian ini berjudul :" Pengaruh Upah Intensif Dan Gaya Kepemimpinan Demokratik Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Bagian Weaving Pada PT. Eastemtex Pandaan Pasuruan". Tujuan dalam penelitian ini adalah I). Apakah upah insentif berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan PT. Eastemtex Pandaan Pasuruan. 2) apakah gaya kepemimpinan demokratik berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan PT. Eastemtex Pandaan Pasuruan.3) Apakah upah insentif dan gaya kepemimpinan demikratik berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja karyawan PT. Eastemtex Pandaan Pasuruan. Populasi yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah karyawan bagian Weaving PT. Eastemtex sebanyak 425 orang, sedangkan yang dijadikan sampel adalah 15 % dari populasi, yaitu 70 responden. Alat analisis yang dipegunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : • Pengaruh antara upah insentif terhadap motivasi kerja karyawan adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,532 > nilai t tabel = 1,9960 atau signifikan a lebih kecil dari 5 %. Dapat diartikan bahwa upah insentif (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan (Y). • Pengaruh antara gaya kepemimpinan demokratik terhadap motivasi kerja karyawan adalah signifikan, hal ini buktikan dengan nilai t hitung = 2,295 < nilai t tabel = l ,9960atau signifikan a lebih kecil dari 5 %. Dapat diartikan bahwa gaya kepemimpinan demokratik (X) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap motivasi kerja karyawan (Y). • Pengaruh antara upah insentif dan gaya kepemimpinan demokratik terhadap motivasi kerja karyawan secara bersama-sama adalah signifikan. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 9,058 pada taraf signifikasi 95 % dengan F tabel sebesar 3,32 sehingga nilai F hitung = 9,058 > dari F tabel = 3,32 atau signifikan a lebih kecil dari 5%, Sedangkan koefisien determinasi sebesar 0,713 %, dan ini dapat diartikan besamya pengaruh antara upah insentif dan gaya kepemimpinan demokratik terhadap motivasi kerja karyawan adalah sebesar 71,30 % sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:58
Last Modified: 26 Jun 2023 02:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29260

Actions (login required)

View Item View Item