TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT SHAMPO CLEAR YANG DIIKLANKAN DI TELEVISI DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI

SUPRIYADI, AGUS (2003) TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP ATRIBUT SHAMPO CLEAR YANG DIIKLANKAN DI TELEVISI DALAM HUBUNGANNYA DENGAN KEPUTUSAN MEMBELI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04986193-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pada saat ini, iklim usaha yang ada khususnya industri kosmetik ( sham po) sudah diwarnai persaingan yang ketat. Keadaan ini terjadi kaena semakin banyak industi-industri serupa yang muncul di Indonesia dan industri-industri tersebut menghasilkan produk yang mempunyai sifat clan kegunaan yang hampir sama atau sebagai barang pengganti. Melihat perkembangan tersebut, maka perkembangan dunia informasi elektronik mempunyai peranan yang sangat penting. Oleh karena itu untuk menghadapi persaingan yang ada perusahaan (shampo clear) harus mampu memperkenalkan produknya kepada konsumen melalui media periklanan yang tepat salah satunya adalah melalui televisi. Dalam penelitian ini masalah yang akan dibahas dibatasi pada : 1. Bagaimana sikap konsumen terhadap shampo clear yang diiklankan ditelevisi 2. Bagaimana perilaku konsumen dalam melakukan pembelian shampo clear yang diiklankan ditelevisi. Berdasarkan latar belakang dan batasan masalah tersebut maka dapat dirumuskan variabel-variabel yang menentukan sikap konsumen adalah desain botol, desain sachet,aroma, warna, kemasan, ukuran botol clan ukuran sachet sedangkan yang menentukan perilaku konsumen adalah anggota keuarga,teman, orang lain clan tenaga penjual. Dalam penelitian ini bertujuan untuk : 1. Mengetahui sikap konsumen terhadap shampo clear yang diikankan ditelevisi 2. Mengetahui perilaku konsumen dalam melakukan pembelian shampo clear yang diiklankan ditelevisi. Dalam metode ini analisa yang digunakan untuk mengetahui sikap clan perilaku konsumen dalam melakukan pembelian shampo clear adalah metode analisa sikap dan perilaku Fish bien. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : 1. Berdasarkan nilai variabel keyakinan membeli yang terbesar adalah desain sachet clan kemasan masing-masing dengan nilai 30 dan berdasar variabel evaluasi yang terbesar adalah desain sachet sebanyak 41, sedangkan nilai variabl keyakinan normatif yang terbanyak adalah orang lain sebanyak 45 clan berdasar variabel motivasi adalah juga orang lain yaitu 44. 2. Berdasar hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai total sikap konsumen sebesar 1,2657 dan skor maksimum sikap konsumen sebesar 8,22. Karena total sikap konsumen berada diantara 1,02 dan 2,05, maka hal ini menunjukkan bahwa sikap konsumen berada pada kategori cukup baik karena nilai tersebut lebih besar dari nol dan positif. 3. Berdasarkan hasil perhitungan menunjukkan bahwa nilai norma subyektif sebesar 2,0928 dan nilai maksud perilaku (B) sebesar 1,583883. Karena basil tersebut adalah positif dan lebih besar dari nol maka maksud perilaku/tanggapan konsumen adalah baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:53
Last Modified: 26 Jun 2023 02:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29258

Actions (login required)

View Item View Item