FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN HARIAN METEOR (Studi di Kecamatan Banyumanik Semarang)

KUSNO, KUSNO (2001) FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN HARIAN METEOR (Studi di Kecamatan Banyumanik Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04976030-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Dengan melakukan analisis perilaku konsumen maka perusahaan akan lebih mudah dalam memilih dan menetapkan strategi mana yang tepat untuk digunakan dalam pemasaran ataupun untuk mengantisipasi persaingan yang sedemikian rupa. Seperti pertentangan yang terjadi pada harian Meteor sebagai harian yang tergolong baru harus mempu bersaing dengan surat kabar / harian yang sudah lebih dulu terbit sscperti Suara Merdcka, Kompas, Jawa Pos dan yang lain. Masalah yang diajukan pada pcnulisan skripsi ini yaitu apakah anda pengaruh antara harga, sajian berita dan waktu penyampaian terhadap keputusan pembelian harian Meteor di Kecamatan Banyumanik Semarang baik secara parsial maupun bersama-sama (simultan). Adapun dalam penelitian ini masalah yang akan diteliti hanya dibatasi pada variabel-variabel yaitu : harga, sajian berita dan waktu penyampaian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh harga, sajian berita dan waktu penyampaian terhadap keputusan pembelian di Kecamatan Banyumanik Semarang baik sccara parsial maupun bcrsama-sama (simultan), analisis regresi berganda, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t test dan F test dengan menggunakan alat bantu program komputer SPSS. Berdasarkan perhitungan dan analisis data dengan menggunakan alat analisis tersebut diperoleh hasil sebagai berikt : 1. Dari hasil perhitungan regresi berganda diperolch persamaan Y = 0,090 + 0,095 X, + 0,389 X, + 0,255 X~. Berdasarkan persamaan tersebut diketahui bahwa harga, sajian berita dan waktu penyampaian harian Meteor berpengaruh positif dan signifikan terhadap kcputusan pembelian konsumen secara simultan (keseluruhan) yang dibuktikan dengan kocfisicn masing-masing variabcl burnilai positif. 2. Hasil koefisien determinasi menunjukkan bahwa variasi perubahan variabel kepatusan pembelian konsumen yang disebabkan oleh variabel harga, sajian berita dan waktu penyampaian sebesar 64, 40 %, sedangkan sissanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. 3. Harga mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan hasil uji t, diperoleh nilai t hitung 2,045 > ttabcl scbcsar 1,645 atau signifikasi t kurang dari 5 %. 4. Sajian berita mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh t hitung 8,003> t tabel sebesar 1,645 atau signifikasi t kurang dari 5 %. 5. Waktu penyampaian mempunyai pengaruh yang signifikan secara parsial terhadcp keputusan pembelian konsumen yang dibuktikan dengan hasil uji t diperoleh t hitur.g sebesar 3,803 > t tabel 1,645 atau signifikasi t kurang dari 5 %. . 6. Dari hasil test hipotesis dengan menggunakan uji F test menunjukkan bahwa pengaruh harga, sajian berita dan waktu penyampaian terhadap keputusan pembelien konsumen mcrupakan pcngaruh yang signifikan yang dibuktikan dcngan hasil uji F diperoleh nilai F hitung sebesar 55,777 t tabel 3,00 atau signifikasi F kurang dari 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:51
Last Modified: 26 Jun 2023 02:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29257

Actions (login required)

View Item View Item