HUBUNGAN KEBIJAKAN RUMAH SAKIT TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL TERHADAP PENERAPAN UNIVERSAL PRECAUTION PERA WAT DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI RSI SULTAN AGUNGSEMARANG

Anwar, Nurul Ali (2011) HUBUNGAN KEBIJAKAN RUMAH SAKIT TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI NOSOKOMIAL TERHADAP PENERAPAN UNIVERSAL PRECAUTION PERA WAT DALAM PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI DI RSI SULTAN AGUNGSEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070083-S1kep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Latar Belakang: Menurut WHO angka kejadian infeksi nosokomial di institusi pelayanan kesehatan rata-rata sebesar 9% dengan variasi antara 3%-21% atau kurang lebih 1,4 juta pasien rawat inap di rumah sakit seluruh dunia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kebijakan rumah sakit tentang pencegahan infeksi nosokomial terhadap penerapan universal precaution perawat dalam penggunaan alat pelindung diri di RSI Sultan Agung Semarang. Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian uantitatif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini 154 responden clan besar sampel pada penelitian ini sebanyak 75 responden dengan metode purposive sampling. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan uji product moment dan uji reliabilitasnya dengan teknik alfa cronbach serta analisa data menggunakan uji chi square. Basil: Kebijakan rumah sakit tentang pencegahan infeksi nosokomial diketahui oleh responden dengan baik sebesar 33,3%, diketahui dengan cukup sebesar 48% dan kurang diketahui sebesar 18,7% serta penerapan universal precaution dalam penggunaan alat pelindung diri dengan baik sebesar 64% dan penerapan universal precaution kurang sebesar 36%. Kesimpulan: Ada hubungan yang bennakna antara kebijakan pencegahan infeksi nosokomial dengan penerapan universal precaution dalam penggunaan alat pelindung diri (p-value 0,022 < 0,05). Saran: Rumah sakit dapat memberikan sosialisasi, pengawasan clan pelatihan mengenai pencegahan infeksi nosokomial bagi perawat sesuai dengan prosedur standar tentang kewaspadaan universal yang berlaku di RSI Sultan Agung Semarang. Kata kunci: Infeksi Nosokomial, Universal Precaution, Alat Pelindung Diri Daftar Pustaka: 31 (2000 - 2010)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:44
Last Modified: 21 Jun 2023 07:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29223

Actions (login required)

View Item View Item