EFEKTIVITAS TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PASIEN POST OPERASI BPH DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG DAN RSUD KOTA SEMARANG

Fitraningtyas, Senny Fina (2011) EFEKTIVITAS TEKNIK RELAKSASI NAFAS DALAM TERHADAP PENURUNAN SKALA NYERI PASIEN POST OPERASI BPH DI RSI SULTAN AGUNG SEMARANG DAN RSUD KOTA SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
092070101-S1kep.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang: BPH adalah hiperplasia dari kelenjar periurethral yang mendesak jaringan prostat yang asli ke perifer clan menutupi orifisium uretra. TURP merupakan salah satu penatalaksanaan BPH yang berdampak nyeri. Untuk mengurangi nyeri selain menggunakan analgesik, pasien diberikan teknik relaksasi nafas dalam. Relaksasi nafas dalam mampu menurunkan nyeri di thalamus yang diteruskan ke korteks serebri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik relaksasi nafas dalam terhadap nyeri pasien post operasi BPH di RSI Sultan Agung Semarang dan RSUD Kota Semarang. Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatifdengan desain case control. Sampel dalam penelitian ini adalah rata-rata pasien selama 2 bulan sebanyak 30 pasien. V ariabel bebas dalam penelitian ini adalah teknik relaksasi nafas dalam dan variabel terikat yaitu nyeri. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji wilcoxon. Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan adanya perbedaan skala nyeri sebelum dan sesudah diberikan teknik relaksasi nafas dalam yang ditunjukkan dengan p value 0,001 ( < 0,05). Simpulan: Teknik relaksasi nafas dalam efektif dalam menurunkan nyeri pasien post operasi BPH di RSI Sultan Agung Semarang clan RSUD Kota Semarang. Kata kuni : BPH, post operasi, relaksasi nafas dalam, skala nyeri Daftar pustaka : 24 (2000 - 2010)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Keperawatan
Fakultas Ilmu Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:30
Last Modified: 21 Jun 2023 07:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29217

Actions (login required)

View Item View Item