ANELISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN EPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA

CAHYONO, AGUS (2001) ANELISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN EPUASAN KONSUMEN DALAM PENGGUNAAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04975900-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kondisi Perekonomian Indonesia saat ini, dimana persaingan bisnis sangat tajam, perusahaan tidak cukup hanya menciptakan dan memperbanyak produk saja. Tetapi juga harus melihat dan mengidentifikasi perilaku konsumen. Dengan mempelajari perilaku konsumen, perusahaan diharapkan bisa mengambil langkah strategis yang dibutuhkan, dengan melihat perkembangan yang terjadi di masyarakat. Dalam penelitian ini penyusun hanya akan membahas tentang faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan konsumen, dalam penggunaan sepeda motor merk Honda. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara menyebar angket kepada 100 responden yang menggunakan sepeda motor merk Honda untuk semua tipe. Dengan menggunakan uji Chi-Square maka dapat diketahui hubungan antara masing-masing variabel yaitu bahan bakar, perawatan, daya yahan, harga, desain dan promosi dengan kepuasan konsumen. Perhitungan untuk mengetahui derajat hubungan antar variabel dengan kepuasan konsumen dengan menggunakan uji kontigensi, dengan membandingkan nilai C dengan Cmax. Semakin mendekati nilai Cmax semakin kuat hubungan. Penulis menggunakan aplikasi SPSS untuk mempermudah proses riset. Hasil dari perhitungan hasil yang diperoleh: 1. Bahan bakar, X hitung = 54,9800 > t = 5,991. Hal ini berarti bahan bakar mempunyai hubungan dengan kepuasan. 2. Perawatan, X hitung = 51,4400 > t = 5,991. Hal ini berarti perawatan mempunyai hubungan dengan kepuasan. 3. Daya tahan, X hitung = 98,9600 > t = 5,991. Hal ini berarti daya tahan mempunyai hubungan dengan kepuasan. 4. Desain, X hitung = 51,8400 > t= 3,841. Hal ini berarti desain mempunyai hubungan dengan kepuasan. 5. Harga, X hitung = 33,6400 > t = 3,841. Hal ini berarti harga mempunyai hubungan dengan kepuasan. 6. Promosi, X hitung = 23,0400 > t = 3,841. Hal ini berarti promosi mempunyai hubungan dengan kepuasan. Uji kontigensi dengan aplikasi SPSS dengan nilai Cmax = 0,866. Untuk variabel bahan bakar = 0,45866, daya tahan = 0,40044, desain = 0,21660, harga = 0,29577, perawatan = 0,45124, promosi = 0,30394. Hasil tersebut menyatakan bahwa terdapat tiga variabel yang paling mendakati dengan Cmax,yaitu bahan bakar, daya tahan dan perawatan. Hal ini berarti bahan bakar, daya tahan dan perawatan mempunyai hubungan yang paling erat di antara variabel-variabel lain. Untuk menentukan kriteria korelasi, disesuaikan dengan tabel intepretasi korelasi. Dari hasil perhitungan didapat sbb; bahan bakar r = 0,5296 adalah sedang, perawatan r = 0,5210 adalah sedang, daya tahan r = 0,4624 adalah sedang, desain r = 0,2501 adalah rendah, harga r = 0,3415 adalah rendah, promosi r = 0,3509 adalah rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:50
Last Modified: 19 Jun 2023 03:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29135

Actions (login required)

View Item View Item