ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN MELALUI IKLAN DI TELEVISI, SURAT KABAR DAN PAPAN REKLAME TERHADAP PEMBELIAN ROKOK DJARUM SUPER DI SEMARANG TIMUR

M. ZAHRI, M. ZAHRI (2005) ANALISIS PENGARUH PERIKLANAN MELALUI IKLAN DI TELEVISI, SURAT KABAR DAN PAPAN REKLAME TERHADAP PEMBELIAN ROKOK DJARUM SUPER DI SEMARANG TIMUR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042007220-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Abstract

"Analisis Pengaruh Periklanan Melalui lklan di Televisi, Surat Kabar dan Papan Reklame Terhadap Pembelian Rokok Djarum Super di Semarang Timur" Setiap fungsi manajemen memberikan kontribusi tertentu pada saat penyusunan strategi yang berbeda, pemasaran merupakan fungsi yang memiliki peranan penting dalam pengembangan strategi. Penayangan iklan rokok Djarum super dapat dinikmati pada media antara lain melalui iklan di televisi karena mempunyai keunggulan : Bersifat audio, visual, formatnya sangat fleksibel, jangkauannya jauh, sangat menarik perhatian, dan menimbulkan dampak yang kuat untuk mempengaruhi persepsi konsumen. lklan di surat kabar karena mempunya keunggulan : Cakupan pasarnya luas dan bisa dalam lingkup nasional, regional, maupun lokal, tleksibel, tepat waktu, diterima luas, sangat terpercaya, dan memuat hal-hal yang aktual. Sedangkan iklan di papan reklame karena mempunyai keunggulan : Murah, sangat mencolok karena ukurannya besar, penampilan menarik, fleksibel, persaingan sedikit,menayangkan iklan yang sama secara berulang-ulang dan penempatan yang strategis Permasalahan yang diam bi I dalam skripsi ini adalah : I) Bagaimana pengaruh periklanan melalui iklan di televisi terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur, 2) Bagaimana pengaruh periklanan melalui iklan di surat kabar terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur, 3) Bagaimana pengaruh pcriklanan melalui iklan melalui papan reklame terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur, 4) Bagaimana pengaruh periklanan melalui iklan di televisi, periklanan dan papan reklame terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian explanatory researc. Sedangkan populasinya adalah seluruh konsumen yang mengkonsumsi rokok Djarum Super di Semarang Timur. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling, diperoleh sampel sebanyak l 00 responden. Sedangkan metode analisa data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Adapun hasilnya adalah sebagai berikut: I. Hasil analisis regresi berganda diperoleh persamaan : Y=0,236 + 0,095 X, + 0,106 X + 0,114 X% 2. Uji Hipotesis dengan menggunakan uji t, diperoleh hasil sebagai berikut: a. Iklan di televisi (X) mempunyai pengaruh terhadap pembelian (Y), dimana dari hasil perhitungan diperoleh bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara iklan di televisi terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur. b. Iklan di surat kabar (X) mempunyai pengaruh terhadap pembelian (Y), dimana dari hasil perhitungan diperoleh bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara iklan di surat kabar terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur. c. Iklan di papan reklame (X3) mempunyai pengaruh terhadap pembelian (Y), dimana dari hasil perhitungan diperoleh bahwa Ho ditolak dan menerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara iklan di papan reklarne terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur. 3. Variabel iklan di televisi (X), iklan di surat kabar (X) dan iklan di papan reklame (X) mempunyai pengaruh terhadap pembelian, dimana dari hasil perhitungan diperoleh bahwa Ho ditolak dan rnenerima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh antara iklan di televisi, iklan di surat kabar dan iklan di papan reklame terhadap pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur. 4. Koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R' 76,9%, hal ini menunjukkan bahwa pembelian rokok Djarum Super di Semarang Timur dipengaruhi oleh variabel iklan di televisi (X), iklan di surat kabar (X) dan iklan di papan reklame (X9). Sedangkan selebihnya dijelaskan oleh variabel lain selain variabel tersebut Kata kunci : Iklan di televisi, iklan di surat kabar, iklan di papan reklame dan pcmbelian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:17
Last Modified: 19 Jun 2023 03:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29126

Actions (login required)

View Item View Item