ANALISIS POSISI BISNIS PRODUK TABUNGAN UNTUEK PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BANK BPD JATENG CABANG UTAME SEMARANG

MURDIYANTO, BUDHIE (2001) ANALISIS POSISI BISNIS PRODUK TABUNGAN UNTUEK PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT. BANK BPD JATENG CABANG UTAME SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04975938-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Skripsi dengan judul ANALISIS POSIS! BISNIS PRODUK TABUNGAN UNTUK PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PT BANK BPD JATENG CABANG UIAMA SEMARANG ini disusun untuk melihat hubungan antara posisi bisnis suatu produk dengan strategi pemasaran yang akan ditempuhnya pada sutu perusahaan dengan menggunakan obyek perusahaan yang nyata. Perubahan lingkungan perusahaan maupun industri, baik internal maupun eksternal akan sangal mempengaruhi perumusan slralegi· perusahaan. Perubahan lingkungan terse but telah terjadi pad a industri perbankkan di Indonesia. PT Bank BPD Jateng Cabang Utama Semarang scbagai salah satu bank yang sedang beroperasi, tak terkecuali juga harus menyesuaikan diri dengan perubahan yang sedang terjadi ini. penyesuaian diri sangat diperlukan agar tetap dapat hidup dan berkembang. Permasalahan yang dihadapi ole PT Bank BPD Jateng Cabang Utama Semarang adalah penghimpunan dana masyarakat yang berupa tabungan. Untuk mengatasinya diperlukan strategj pemasaran, dalam hal ini dengan menggunakan alat analisis Matrik Daya Tarik Industri (MDTI) akan dicari posisi bisnis Produk Tabungan dan kemudian dits ntukan strategi pemasarannya. Dengan terlebih dahulu menentukan 22 variabel ekstemal dan juga internalnya, yang dianggap pengaruh pada penghimpunan tabungan.bank ini. melalui cara pembobotan dan penilaian atas variabel tersebut maka akan diperoleh nilai tertimbang. Berangkat dari sini diperoleh posisi bisnis Produk Tabungan pada Matrik Daya Tarik Industri untuk tahun 2001 yaitu pada kotak selektif,yang merupakan pertemuan variabel Daya Tarik Industri (DTI) pada posisi tinggi dan variabel Kekuatan Bisnis (KB) pada posisi rendah. Dengan meliha! kondisi lingkungan strategi yang dipilih adalah strategi mencari ceruk pasar. Untuk memperoleh posisi bisnis pada tahun 2004 dilakukan prediksi kondisi pada saat itu dengan menggunakan variabel yang sama. Dengan menggunakan cara yang sama maka akan diperoleh posisi bisnis Produk Tabungan pada MDTI adalah pada kotak pertumbuhan selektif, yang merupakan pertemuan posisi variabel DTI pada tingkat medium dengan variabel KB pada tingkat tinggi. Tiga alternatif strategi berupa pertumbuhan selektif, investasi agresif dan memelihara posisi ditempat lain sebaiknya dimanfaatkan semua untuk kesuksesan pemasaran produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:16
Last Modified: 19 Jun 2023 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29124

Actions (login required)

View Item View Item