ANALISIS SIKAP KONSUMEN PADA SWALAYAN "ADA" SEMARANG

ERAWATI, ERAWATI (2003) ANALISIS SIKAP KONSUMEN PADA SWALAYAN "ADA" SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04996764-FE.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Sripsi dengan judul "ANALISIS SIKAP KONSUMEN PADA SW ALA YAN ADA SEMARANG" ini disusun untuk mengetahui perbedaan si.kap konsumen terhadap atribut swalayan "ADA" Semarang, dan untuk mengetahui rangking atribut-atribut swalayan "ADA" Semarang menurut konsumen di Pemkat Semarang. Hasil penelitian ini digunakan untuk digunakan sebagai bahan pertimbangan di dalam menentukan strategi yang akan dilakukan oleh perusahaan dalam mempengaruhi sikap, persepsi dan perilaku konsumen. Serta diharapkan dapat menambah perbendaharaan perpustak:aan dan dapat memberi manfaat bagi mahasiswa lain yang ingin meneliti masalah sikap konsumen. Pada mulanya orang hanya mengenal pasar tradisional sebagai tempat untuk berbelanja dalam memenuhi kebutuhannya. Namun sengan seiring perkembangan jaman dan teknologi, kini mereka mengenal supermarket, toko atau department store yang menyediakan segala macam kebutuhan masyarakat sehari-hari sebagai sarana berbelanja. Kebutuhan manusia yang banyak dan beraneka ragam merupakan tantangan bagipara produsen untuk mampu memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Keadaan ini menciptakan suatu kondisi persaingan diantara pemasar atas produk yang dipasarkannya. Untuk itu perusahaan harus dapat menyusun strategi pemasaran sehingga konsumen tidak lari ke department store pesaing. Oleh karena itu pemahaman dan pengamatan perilaku konsumen sangat penting bagi perusahaan. Pemahaman akan perilaku konsumen tidak terlepas dari pemahaman akan sikap konsumen. Sikap juga dipengaruhi oleh faktor demografi yang meliputi : jenis kelamin, pendidikan, usia, pendapatan clan status pekerjaan. Sehingga konsumen akan menunjukkan kecenderungan yang berbeda dalam menilai objek yang sama. Ada yang bersikap positif yang berarti konsumen tersebut sangat senang dan juga ada yang bersikapnegatif yang berarti konsumen tersebut tidak senang. Basu Swasta (1992: 44) mengemukakan apabila konsumen mempunyai sikap positif, maka minat untuk melakukan pembelian yang dilakukan semakin tinggi. Minat yang semakin tinggi ini dipengaruhi oleh cocok tidaknya atribut swalayan "ADA" Semarang tersebut yang meliputi lokasi, desain ruangan dan tata letak produk, harga, mutu atau kualitas produk dan pelayanan. Jenis dari penelitian ini adalah bersifat "Eksplanatory" yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara menjelaskan gejala yang ditimbulkan oleh suatu objek penelitian. Dan lokasi dari penelitian ini adalah swalayan "ADA" bertempat di jalan Majapahit. Sedangkan populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen atau pengunjung swalayan "ADA" Semarang. Dan sebagai sampel adalah sebagian dari populasi yang karakteristiknya hendak diselidiki dan dianggap mewakili keseluruhan populasi. Penentuan sampel yang dipilih dalam penelitian ini dilakukan dengan cara "purposive sampling" yaitu sampling dimana pengambilam elemen-elemen yang dimasukkan dalam sampel dilakukan dengan sengaja, dengan catatan bahwa sampel tersebut representative atau mewakili populasi. Besarmnya ukuran sampel sebanyak 62 responden. Dimana jumlah wanita sebanyak 37 responden (59,7 %) dan laki-laki sebanyak 25 responden (40,3 %). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari wawancara dan angket dan data sekunder yang diperoleh dari kepustakaan. Sedangkan pengujinya menggunakan uji validitas dan reliabilitas validitas adalah sejauh nama ketepatan dan kecerdasan suatu alat ukur dalam melakukan fungsinya. Sedangkan reliabilitas adalah indeks yang menunjukkan sejauh mana alat pengukur dapat dipercaya dan dapat diandalkan. Metode analisa datanya menggunakan analisa lrualitatif dan analisa kuantitatif. Adapun alat analisa yang digunakan adalah Uji Chi Kuadrat digunakan untuk menguji hubungan antar variabel. Berdasarkan jenis kelamin, kelompok umur, pendidikan, pendapatan dan pekerjaan terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap lokasi, desain, harga, mutu dan pelayanan. Dengan cukup banyaknya perbedaan sikap terhadap harga, pelayanan, lokasi, desain dan mutu produk maka dalam hal ini pihak perusahaan harus dapat membagi kriteria produk berdasarkan kebutuhan dan diperlukan pelayanan yang baik serta desain toko yang menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 19 Jun 2023 02:23
Last Modified: 19 Jun 2023 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29118

Actions (login required)

View Item View Item