PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. NASMOCO KALIGAWE SEMARANG

SUTANTO SN, HERY (2001) PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP VOLUME PENJUALAN PT. NASMOCO KALIGAWE SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
04944798-FEmnjmn.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Diantara sekian banyak produk yang beredar di pasar salahsatunya adalah produk otomotif. Produk otomotif merupakan salah satu dari sejwnlah komoditi yang memberikan sumbangan terhadap pendapatan negara. Dengan semakin majunya industri otomotif baik secara global di seluruh penjuru dunia maupun di Indonesia, menjadikan para produsen berusaha untuk meningkatkan kemampuan menerobos pasar, sehingga harus ditunjaig. dengan strategi persaingan dari mutu barang agar dapat terjual atau marketable di pasar, serta perlu diimbangi dengan kemahiran lobi para produsen dalam memasarkan produknya. Sebagai salah satu dealer resmi Kendaraan Toyota, PT. NASMOCO Kaligawe Semarang menerapkan strategi pemasaran berupa program jaminan mutu, program pengembangan produk dan promosi yang dilakukan secara serentak untuk meningkatkan volume penjualannya ditengah kondisi pasar otomotif yang agak lesu. Strategi ini dirancang untuk menggairahkan minat konsumen dalam membeli produk otomotif dengan menawarkan beberapa pilihan modifikasi kendaraan sesuai dengan selera dan daya beli masyarakat. Dengan strategi pemasaran ini diharapkan target penjualan kendaraan yang telah ditatpkan oleh PT. Nasmoco Kaligawe bisa. dicapai. Kenaikan volume penjualan yang telah dicapai oleh PT. Nasmoco Kaligawe perlu dianlisa lebih lanjut, apakah kenaikan volume penjualan yang dicapai disebabkan oleh adanya strategi pemasaran yang diterapkan melalui program jaminan mutu, pengembangan produk dan promosi yang dilakukan secara serentak ataukah disebabkan oleh faktor lain. Dengan mempertimbangkan begitu pentingnya aspek strategi pemasaran yang didukung dengan pertimbangan-pertimbangan teori dan data, penulis ingin membahas strategi pemasaran produk otomotif yang menjadi salah satu urat nadi Industri di Indonesia dengan mengambil judul "Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan PT. NASMOCO Kaligawe Semarang ". Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan diantara adalah: 1. Apakah jaminan mutu mempengaruhi volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang ? 2. Apakah pengembangan produk mempengaruhi volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang ? 3. Apakah promosi mempengaruhi volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang ? 4. Apakah jaminan mutu, pengendalian produk dan promosi secara serentak mempengaruhi volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang ? Permasalahan yang akan diteliti di batasi pada variabel biaya jaminan mutu, variabel biaya pengembangan produk dan variabel biaya promosi selama lima tahun 1996 yaitu mulai tahun sampai dengan tahun 2000. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Untuk mengetahui pengaruh jaminan mutu terhadap volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang. 2. Untuk mengetahui pengaruh pengembangan produk terhadap volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang. 3. Untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang. 4. Untuk mengetahui pengaruh jaminan mutu, pengendalian produk dan promosi secara serentak terhadap volume penjualan PT. Nasmoco Kaligawe Semarang. Dalam penulisan skripsi ini, penelitian dilakaukan di PT. NASMOCO yang beralamat di Jalan Raya Kaligawe Km. 5 Semarang yang merupakan salah satu dealer resmi dari Toyota yang memiliki show room ( ruang pamer ) dan work shop (bengkel ) serta sales (penjualan ). · Populasi merupakan keseluruhan obyek yang menjadi bahan penelitian. Dalam penelitian ini populasi yang digunakan adalah data biaya jaminan mutu, biaya pengembangan produk, dan biaya promosi. Sedangkan sampel merupakan bagian dari populasi yang benar-benar akan diteliti. Pada penelitian ini sampel yang digunakan adalah data biaya jaminan mutu, biaya pengembangan produk dan biaya promosi selama lima tahun, yaitu mulai tahun 1996 sampai dengan 2000. Metode analisis data yang digunakan meliputi analisis kualitatif dan kuantitatif. Secara kuantitatif digunakan analisis regresi parsial, regresi berganda, uji t dan uji untuk pengujian hipotesis koefisien regresi. Berdasarkan analisis data dan pembahasan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : 1. Sebagai bentuk implementasi strategi pemasaran PT, NASMOCO Kaligawe Semarang dalam usaha meningkatkan volume penjualan adalah dengan melaksanakan program jaminan mutu, pengembangan produk dan promosi secara serentak. 2. Jaminan mutu (X), pengembangan produk (X») dan promosi (X) secara simultan berpengaruh positif terhadap volume penjualan yang dibuktikan dengan persamaan regresi Y = 443.125,6013 + 34,7493 X + 13,4505 X,+ 15,9156 X%. Dari di persamaan regresi berganda atas dapat diketahui bahwa jaminan mutu, pengembangan produk dan promosi berpengaruh positif terhadap volume penjualan. · Artinya apabila perusahaan menaikkan biaya jaminan mutu, pengembangan produk dan promosi akan meningkatkan volume penjualan, demikian pula sebalikya. 3. Pengembangan Produk berpengaruh secara siginifikan terhadap volume penjualan yang dibuktikan dengan hasil test hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 29,857 > t tabel sebesar 1,860. 4. Pengembangan Produk berpengaruh secara siginifikan terhadap volume penjualan yang dibuktikan dengan hasil test hipotesis diperoleh nilai t hitung sbesar 18,566 > t tabel sebesar 1,860. 5. Promosi berpengaruh secara siginifikan terhadap volume penjualan yang dibuktikan dengan basil test hipotesis diperoleh nilai t hitung sebesar 35,425 >t tabel sebesar 1,860. 6. Jaminan mutu, pengembangan produk dan promosi secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap volume penjualan yang dibuktikan dengan hasil test hipotesis dengan statistik F test diperoleh nilai F hitung 3.426,403 >> F tabel sebesar 4,76.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 16 Jun 2023 01:43
Last Modified: 19 Jun 2023 07:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29033

Actions (login required)

View Item View Item