PENGARUH PENATAAN STREET FURNITURE TERHADAP KARAKTER RUANG JL. MT. HARYONO PENGGAL PERTIGAAN SOMPOK SAMPAI PERTIGAAN MRICAN DI SEMARANG.

hadi, Tjoek suroso (2004) PENGARUH PENATAAN STREET FURNITURE TERHADAP KARAKTER RUANG JL. MT. HARYONO PENGGAL PERTIGAAN SOMPOK SAMPAI PERTIGAAN MRICAN DI SEMARANG. KODEPRODI22201#TEKNIK SIPIL, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
131944776-FT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54MB)

Abstract

Perkembangan ekonomi yang begitu pesat di Kota Semarang, meyebabkan semakin tumbuh dan berkembangnya terutama pada aspek perekonomian. Pertumbuhan ini menimbulkan dampak positif pada aspek ekonomi, hal ini dapat terlihat aktivitas ekonomi di Kota semarang sangat dominan,sehingga seluruh pelosok kota, nafas bisnis sangat menonjol. Jl. Mt. Haryono penggal pertigaan sompok sampai pertigaan mrican , tidak luput dari kondisi diatas. Apalagi wilayah ini, adalah masuk didalam Rencana Detail Tata Ruang Kota ( RDTRK pada Bagian Wilayah Kota I (BWK I ), dimana wilayah ini diperuntukkan sebagai wilayah perdagangan dan jasa. Dengan demikian semakin tinggi aktivitas perekonomian di wilayah ini, sehingga dapat dilihat aktivitas yang begitu besar, maka penggal jalan Mt. Haryono ,menjadi padat lalu-lintasnya, kemudian suasana dan kondisi tata-ruangnya nampak semrawut, serta berkesan kumuh. Akhirnya dengan adanya seluruh rangkaian aktivitas itu menjadikan karakter ruang jl. Mt. Haryono menjadi semrawut dan kumuh. Permasalahan mucul pada saat penataan street furniture temnyata tidak dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yaitu para pejalan kaki serta pelaku ekonomi, yaitu para pemilik pertokoan, dan pedagang kaki lima (PKL). Kemudian dari kondisi tersebut, peneliti akan melakukan kajian tentang pengaruh Penataan street furniture terhadap karakter ruang ]l. Mt. Haryono khususnya penggal pertigaan sompok sampai pertigaan mrican ,Semarang. Adapun tujuan yang akan diambil dari penelitian ini, adalah untuk mengetahui apakah penataan street furniture dapat mempengaruhi karakter ruang Jl. MT. Haryono, khususnya penggal pertigaan sompok sampai pertigaan mrican. Kemudian sasaran yang akan diraih dari penelitian ini, adalah untuk menemukenali elemen-elemen street furniture yang dapat mempengaruhi karakter ruang, mengidentifikasi karakter ruang,sebagai elemen yang dapat mempengaruhi citra kota, mengidentifikasi persepsi dari pengguna tentang penataan street furniture, serta menganalisis dari penataan itu sendiri. Kemudian dalam penelitian ini, peneliti akan menggunakan pendekatan analisis deskriptif kualitatif aspek ini akan mendapatkan gambaran tentang elemen street furniture yang dapat mempengaruhi karakter ruang. Setelah itu didapatkan suatu temuan studi yang menggambarkan secara eksisting kondisi penataan street furniture di Jl. Mt. Haryono penggal pertigaan sompok sampai pertigaan mrican, di semarang. Kemudian pada bab selanjtnya akan dibahas tentang kesimpulan yaitu rangkuman dari seluruh pembahasan dan rekomendasi, yang akan ditujukan kepada , Pemerintah Kota Semarang, Masyarakat , kepentingan Studi lanjut, dan kemudian untuk lmu pengetahuan. Kata kunci : street furniture - penataan - karakter ruang.

Item Type: Other
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jun 2023 07:36
Last Modified: 20 Jun 2023 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item