PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL SRONDOL INDAH SEMARANG

DEWl, IKE LINA (2005) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MENGGUNAKAN JASA HOTEL SRONDOL INDAH SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
042017598-FEmanajemen.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31MB)

Abstract

Pengelola Hotel dalam menghadapi persaingan dengan jasa hotel yang lain perlu mengerahkan segala kemampuan yang ada serta mengkondisikan keadaan untuk dapat menentukan pilihannya dengaa memahami sikap konsumen dalam menggnakan jasa hotel, para pengelola jasa hotel dalam hal ini dapat mengetahui faktor-faktor apa saja yang akan berhubungan dengan pengambilan keputusan menggunakan jasa Hotel dan apakah telah terpenuhinya. Di dalam memberikan jasa pelayanan yang baik kepada pelanggan, terdapat lima kriteria penentu kualitas pada pelayanan yaitu bukti fisik tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan kepedulian (empathy) yang berhubungan dengan pengambilan keputusan menggunakan jasa Hotel. Tujuan yang diharapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan yang terdiri dari bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), kepastian (assurance), dan kepedulian (empathy) secara partial dan secara bersama-sama terhadap pengambilan keputusan konsumen dalam menggunakan jasa Hotel Srondol Indah Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung yang menginap di Hotel Srondol Indah Semarang selama bulan (Januari-Desember 2004), dengan jumlah sebesar 4580 orang, Sampel yang diambil sebesar 100 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. A'at analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi berganda dar pengujien hipotesis dengan uji t dann uji f dan menggunakan bantuan program SPSS 11 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dapat dibat kesimpulan sebagai berikut : 1. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variable Bukti fisik (X;) akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan konsumen (Y) Hotel Srondol Indah Semarang, ini dibuktikan dengan nilai t hitung= 2,618 > t tabel = 1,984 atau sign (0,049) < a = 0,05. 2. Variabel Keandaian (X») akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan konsumen (Y) Hotel Srondol Indah Semarang, hal ini dibuktikan dengan nilai nilai t hitung =3,125> t = tabel 1,984 atau sign (0,002) < = 0,05. 3. Variabel Daya Tanggap (X) akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan konsumen (Y) Hotel Srondol Indah Semarang, hal ini dibuktikan dengan nilai >t tabel = 0,05. 4. Variabel Kepastian (X,) akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan konsumen (Y) Hotel Srondo! Indah Semarang, hal ini dibuktikan dengan nilai nilai t hitung =4,595 ilai t hitung= 2,060 1,984 atau = sign (0,031) <a > t = tabel 1,984 atau sign (0,002) <=a 0,05. 5. Variabel Kepedutian (X<) akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap Keputusan konsumen (Y) Hotel Srondol Indah Semarang, ha! ini dibuktikan dengan nilai nilai t hitung =2,354 >t tabel = 1,984 ainu sign (0,002) < a = 0,05. 6. Secara simultan variable Bnkti Fisik (X), Keandalan (X2), Daya Tanggap (X), Kepastian (X4), Kepedulian (Xs) nemberikan pengaruh yang. signifikan terhadap Keputusan konsumen (Y) Hotel Srondol Indah Semarang, hal ini dibuktikan dengan nilai nilai F hitung = 67,474 > F tabel = 2,310 atau sign (0,000) < a = 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. 7. Koefisien determinasi yang dinilai dengan (R") menunjukkan angka sebesar 0,77 yang berarti bahwa 77% keputusan konsumen untuk menggunakan jas Hotel Srondol Indah Semarang dipengaruhi oleh variabel Bukti Fisik, Keandalan, Daya Tanggp, Kepastian, dan Kepedulian, dan sisanya 23 % Keputusan konsumen dipengaruhi oleh faktor-faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 15 Jun 2023 02:31
Last Modified: 20 Jun 2023 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item