MODEL PENINGKATAN SUSTAINABILITY UMKM BERBASIS FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN KINERJA UMKM DENGAN MODERASI NETWORKING (Studi Pada Pelaku UMKM Makanan dan Minuman di Wilayah Genuk, Semarang)

Wahyudi, Muhammad Arry (2023) MODEL PENINGKATAN SUSTAINABILITY UMKM BERBASIS FINANCIAL LITERACY, FINANCIAL TECHNOLOGY DAN KINERJA UMKM DENGAN MODERASI NETWORKING (Studi Pada Pelaku UMKM Makanan dan Minuman di Wilayah Genuk, Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401612248_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401612248_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Analisis pada penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis serta mengetahui bagaimana pengaruh financial literacy terhadap kinerja UMKM. Pengaruh financial technology terhadap kinerja UMKM. Financial literacy terhadap kinerja UMKM dengan moderasi networking. financial technology terhadap kinerja UMKM dengan moderasi networking. Financial literacy terhadap sustainability UMKM. Financial technology terhadap sustainability UMKM dan kinerja UMKM terhadap sustainability UMKM. Populasi yang ditetapkan pada penelitian ini meliputi keseluruhan UMKM makanan dan minuman yang beroperasi di wilayah Genuk, Semarang. Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini adalah UMKM makanan dan minuman yang beroperasi di seluruh wilayah Genuk, Semarang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah metode snowball sampling yaitu pengambilan sampel dengan teknik snowball sampling adalah pengambilan suatu sampel berdasarkan atau dengan cara berantai, yaitu multilevel. Berdasarkan pada pertimbangan kriteria sampel maka diperoleh jumlah responden yang memenuhi kriteria sebanyak 80 UMKM. Maka dari itu ditetapkan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 80 pelaku UMKM. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa financial literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. Networking tidak mampu memperkuat pengaruh financial literacy terhadap kinerja UMKM. Networking mampu memoderasi pengaruh financial technology terhadap kinerja UMKM. Financial literacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap sustainability UMKM. Financial technology berpengaruh positif dan signifikan terhadap sustainability UMKM. Kinerja UMKM berpengaruh positif dan signifikan terhadap sustainability UMKM. Kata Kunci: Financial Literacy, Financial Technology, Networking, Kinerja UMKM, Sustainability UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2023 07:02
Last Modified: 02 Jun 2023 07:02
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28828

Actions (login required)

View Item View Item