PERAN KEPALA DESA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN HAK MILIK ATAS TANAH (Studi Kasus di Kantor Desa Bendar Kabupaten Pati)

Aini, Ighfirlana Noor (2022) PERAN KEPALA DESA DALAM PENYELESAIAN SENGKETA PERTANAHAN HAK MILIK ATAS TANAH (Studi Kasus di Kantor Desa Bendar Kabupaten Pati). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (548kB)
[img] Text
30301800188_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tuhan Yang Maha Esa menciptakan tanah dibumi ini sebagai wujud karunia sebagai sumber daya alam yang sangat diperlukan manusia untuk mencukupi kebutuhan, seperti bercocok tanam, tempat bermukim, maupun untuk kegiatan usaha. Sehingga meningkat pula kebutuhan akan jaminan kepastian hukum di bidang Pertanahan. Pemerintah desa merupakan kepanjangan dari pemerintah pusat dimana pemerintah desa yang akan turun tangan langsung jika ada permasalahan dengan warganya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Kepala Desa dalam penyelesaian sengketa pertanahan hak milik atas tanah dan Untuk mengetahui proses penyelesaian sengketa pertanahan hak milik atas tanah di Kantor Desa Bendar Kabupaten Pati Metode penelitian menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. yaitu suatu penelitian dimana penelitian tersebut menekankan pada ilmu hukum serta penelitian lapangan, tetapi disamping itu juga mengaitkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di dalam masyarakat. Spesifikasi penelitian hukum yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk memperoleh gambaran (deskripsi), lengkap tentang keadaan hukum yang berlaku di tempat tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan yaitu peran kepala desa dalam penyelesaian sengketa pertanahan hak milik atas tanah yaitu kepala desa berperan sebagai mediator dimana peran mediator pada saat mediasi yaitu: memimpin diskusi, memelihara atau menjaga aturan-aturan perundangan, mendorong para pihak untuk menyampaikan masalah dan kepentinganya secara terbuka, mendorong para pihak agar menyadari bahwa sengketa bukan pertarungan yang harus dimenangkan tetapi diselesaikan, mendengar, mencatat dan mengajukan pertanyaan, membantu para pihak mencapai titik temu serta proses penyelesaian sengketa pertanahan hak milik atas tanah di kantor desa bendar kabupaten pati yaitu selalu mengupayakan solusi penyelesaian sengketa pertanahan dengan berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku dengan memperhatikan rasa keadilan dan menghormati hak dan kewajiban masing-masing pihak. Langkah-langkah penyelesaian sengketa yang mereka tempuh adalah mediasi.. Kata Kunci :Kepala Desa, Sengketa, Pertanahan, Hak Milik Atas Tanah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2023 07:00
Last Modified: 02 Jun 2023 07:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28825

Actions (login required)

View Item View Item