PROSES PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA DI KEPOLISIAN RESOR KOTA PATI

Pradana, Muhammad Dhika Silva (2023) PROSES PENYIDIKAN TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA KECELAKAAN LALU LINTAS YANG MENGAKIBATKAN KORBAN MENINGGAL DUNIA DI KEPOLISIAN RESOR KOTA PATI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text
30301800251_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peristiwa kecelakaan lalu lintas dapat terjadi dimana saja dan menimpa kepada siapa saja. Karna perkembangan kemajuan dan teknologi yang semakin pesat, hal tersebut berpengaruh dengan maraknya alat-alat transportasi yang menyebabkan semakin banyak pengguna jalan raya, perkembangan ini menimbulkan dampak positif maupun negatif. Penulisan ini bertujuan untuk memahami dan mengetahui dari proses, hambatan dan solusi penyidikanterhadap pelaku tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia di Polres Pati. Metode pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis. Yuridis sosiologis yaitu dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami dilapangan atau suatu pendekatan yang berpangkal pada permasalahan mengenai hal yang bersifat yuridis serta kenyataan yang ada. Proses penyidikan tindak pidana kecelakaan lalu lintas yang mengakibatkan korban meninggal dunia di Polres Pati dimulai dari memeriksa dan menggali informasi kejadian dari tersangka, korban dan saksi serta melengkapi berkas perkara, setelah itu mendatangi TKP untuk menggambil foto TKP. Selanjutnya dilakukan visum terhadap korban di Rumah Sakit dan pembuatan berita acara. Adapun Faktor Penghambat yang dihadapi penyidik dari satuan lalu lintas (Lantas) Polres Pati, yaitu tidak adanya saksi di tempat kejadian, tahap pemanggilan atau menghadirkan saksi, kurangnya pengetahuan hukum. Sedangkan solusi penanggulangan adalah menghimbau supir truk masuk kota agar mengurangi kecepatan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memberikan pos jaga untuk polisi di lokasi rawan terjadi kecelakaan seperti di tempat kejadian kecelakaan truk dengan ambulance dan melakukan tilang terhadap pengendara yang melanggar dalam operasi razia gabungan yang memeriksa kelengkapan pengendara (helm, SIM, STNK, dan lain-lain) terutama di daerah ramai dan rawan kecelakaan. Kata Kunci :Kecelakaan Lalu Lintas, Proses Penyidikan, Hambatan da Solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2023 06:58
Last Modified: 02 Jun 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28820

Actions (login required)

View Item View Item