PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP JOB CRAFTING DAN PSHYCOLOGICAL EMPOWERMENT SERTA DAMPAKNYA PADA INNOVATIVE WORK BEHAVIOR

Rahma, Maulida (2023) PENGARUH SERVANT LEADERSHIP TERHADAP JOB CRAFTING DAN PSHYCOLOGICAL EMPOWERMENT SERTA DAMPAKNYA PADA INNOVATIVE WORK BEHAVIOR. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401800187_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401800187_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Servant Leadership, Psycological Empowerment, dan Job Crafting dalam Meningkatkan Innovative Work Behavior. Penerapan innovative work behavior diperlukan karena perubahan lingkungan globalisasi dan meningkatnya persaingan antar organisasi. Adanya innovative work behavior tentu tidak luput dari peran pemimpin dalam organisasi. Servant leadership tidak hanya memfokuskan pada ekspektasi kinerja namun juga pada pengembangan pribadi para rekan kerjanya dalam organisasi. Pemberdayaan psikologis juga dapat mendorong peningkatan kinerja inovasi SDM melalui kemampuan SDM dalam menyesuaikan karakteristik pekerjaannya baik secara fisik atau kognitif dengan kebutuhan, tujuan, dan keterampilan yang dimiliki. Karyawan yang diberdayakan secara psikologis lebih mungkin untuk melakukan perilaku job crafting karena mereka berpikir bahwa mereka memiliki kompetensi dan otonomi untuk memiliki dampak yang berarti. Responden yang digunakan dalam penelitian adalah 72 dosen tetap Fakultas Ekonomi Universitas Islam Sultan Agung Semarang. Teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS tipe 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa servant leadership memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap psycological empowerment. Kemudian psycological empowerment memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap job crafting, namun tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap innovative work behavior. Selanjutnya, job crafting memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap innovative work behavior. Artinya, innovative work behavior dapat ditingkatkan melalui kemampuan SDM dalam menyesuaikan karakteristik pekerjaannya baik secara fisik atau kognitif yang dipicu oleh pemberdayaan psikologis sumber daya manusia yang ada. Kata Kunci: Servant leadership, psycological empowerment, job crafting, dan innovative work behavior.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 02 Jun 2023 06:27
Last Modified: 02 Jun 2023 06:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item