PERAN DAN FUNGSI TIM PENGAWASAN ORANG ASING (TIM PORA) DALAM PENGAWASAN DAN PENINDAKAN KEIMIGRASIAN TERHADAP ORANG ASING DI INDONESIA (Studi Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah)

ANGGORO, DANI (2023) PERAN DAN FUNGSI TIM PENGAWASAN ORANG ASING (TIM PORA) DALAM PENGAWASAN DAN PENINDAKAN KEIMIGRASIAN TERHADAP ORANG ASING DI INDONESIA (Studi Pada Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
30301609872_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Banyaknya orang asing yang keluar dan masuk wilayah Indonesia dengan beragam tujuan dan kepentingan akan memberikan efek dalam berbagai bidang, sehingga sangatlah penting untuk memahami pengaruh dari tujuan orang asing yang datang dan melakukan kegiatan di Indonesia saat ini. Kehadiran orang asing di Indonesia, di samping telah memberikan pengaruh positif, juga telah memberikan pengaruh negatif berupa timbulnya ancaman terhadap kamanan dan ketertiban masyarakat, serta pembangunan nasional. Pengawasan dan penindakan keimigrasian terhadap orang asing merupakan upaya pemerintah dalam rangkan meningkatkan pembangunan eknomi nasional sekaligus memelihara ketahanan nasional yang seimbang. Tindak pidana keimigrasian merupakan setiap perbuatan yang melanggar peraturan keimigrasian berupa kejahatan dan pelanggaran yang diancam hukuman pidana. Adapun permasalahan yang akan dibahas berdasarkan uraian diatas adalah bagaimana peran Tim Pengawas Orang Asing di Jawa Tengah dan bagaimanakah hambatan hambatan yang ditemui oleh Tim Pengawas Orang Asing dalam melakukan pengawasan orang asing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penulisan yuridis empiris. Hasil dalam penilitian ini menunjukkan bahwa peran dari Tim Pengawas Orang Asing di Jawa Tengah adalah dengan melakukan pendataan dan pengawasan orang asing, berkoordinasi dengan badan atau instansi pemerintahan terkait dalam melakukan pengawasan orang asing. Hambatan-hambatan yang ditemui oleh Tim Pengawas Orang Asing dalam melakukan pengawasan orang asing yaitu sumber daya manusia yang terbatas dan kualitas dari pegawai negeri sipil itu sendiri, dan anggaran yang minim yang berakibat pada pengawasan orang asing belum maksimal. Kata Kunci : orang asing, pengawasan, keimigrasian

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2023 03:05
Last Modified: 31 May 2023 03:05
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28765

Actions (login required)

View Item View Item