EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 01 SUMUBLOR

Hidayah, Yuni Nur (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SDN 01 SUMUBLOR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900088_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900088_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan siswa dalam memahami konsep atau suatu masalah yang terjadi sehingga mampu menyelesaikan suatu permasalahan . Kemampuan ini secara umum atau khusunya di SDN 01 Sumublor dalam proses pembelajaran matematika masih cukup rendah,diperlukannya kreatifitas dan inovasi guru dalam pembelajaran dengan menerapkan suatu model pembelajaran dan media pembelajaran,salah satu model dan media pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa yang melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran ialah model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) menggunakan media Flashcard . Bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) menggunakan media Flashcard efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa . Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode Quasi Experimental Design . Dari hasil uji hipotesis Independent sample t test menunjukkan hasil sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka adanya perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis siswa antara kelas ekperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) menggunakan media Flashcard dan kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional ceramah, dan uji hipotesis paired sample t test menunjukkan hasil sig (2-tailed) 0,000<0,05 maka H0 ditolak H1 diterima atau dapat dikatakan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) menggunakan media Flashcard efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci:Model pembelajaran Team Game Tournament (TGT),Flashcard,Kemampuan berpikir kritis Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2023 03:01
Last Modified: 31 May 2023 03:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28731

Actions (login required)

View Item View Item