ANALISISGENERAL LIFE SKILL(GLS)DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAIUPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SDIQU Al-BAHJAH CIREBON

zahroh, Wikoyatuz (2023) ANALISISGENERAL LIFE SKILL(GLS)DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAIUPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS IV DI SDIQU Al-BAHJAH CIREBON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900085_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900085_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari pentingnya diintegrasikan general life skill terutama dalam pendidikan kewarganegaraan dalam rangka penanaman pendidikan karakter peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana bentuk general life skill dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa Kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon dan apa saja faktor pendukung dan penghambat general life skill dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif yang bertumpu padadata primer dan data sekunder. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka diperoleh hasil yaitu bentuk general life skilldalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa kelas IV Sdiqu Al-Bahjah Cirebonada dua bentuk yakni kecakapan hidup personal dan sosial yang diperoleh dari guru mengintegrasikan GLS dalam pembelajaran PKN. Adapun faktor pendukung dan penghambat general life skill dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya penanaman pendidikan karakter siswa kelas IV SDIQu Al-Bahjah Cirebon ialah pada faktor pendukung yakni sekolah dengan segala perangkatnya (kepala sekolah dan guru) yang menyediakan sarana serta menjadi pengawas peserta didik.Adapun faktor penghambatnya ialah orang tua peserta didik, yang cenderung tidak memperhatikan pengembangan karakter anak di rumah. Kata kunci: Generallife skill, PKN, Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2023 02:52
Last Modified: 31 May 2023 02:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28729

Actions (login required)

View Item View Item