Aini, Nurul (2023) HUBUNGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PKN RANAH KOGNITIF DAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS II SDN JATINGALEH 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900068_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900068_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
Abstract
Fokus dalam penelitian ini adalah mengungkap hubungan antara keterampilan komunikasi guru terhadap hasil belajar Pkn ranah kognitif dan minat belajar peserta didik kelas dua SD Negeri Jatingaleh 01. Disekolah, kompetensi guru dalam hal komunikasi belum ditekankan, sehingga masih terdapat guru yang kurang terampil dalam berkomunikasi, terdapat pula peserta didik yang memperoleh nilai PKn dibawah standar ketuntasan dan rendahnya minat belajar peserta didik kelas dua. Hal ini dibuktikan dengan hasil pengamatan guru ketika proses pembelajaran peserta didik tidak memperhatikan penjelasan guru, kurang antusias dalam belajar dan mengalami ketertinggalan dalam belajar. Dalam penelitian menggunakan metode kuantiatif dengan jenis penelitian ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner yang dibagikan kepada peserta didik. Adapun sampel yang digunakan sebanyak 48 peserta didik. Analisis data dalam penelitian meliputi uji validitas instrumen dengan perolehan nilai rata-rata yang menunjukkan hasil valid, lalu uji normalitas dan linaeritas sebagai syarat dilakukannya uji hipotesis. Uji hipoesis yang dilakukan menggunakan korelasi product moment pada variabel keterampilan komunikasi guru terhadap hasil belajar PKn dengan perolehan nilai signifikansi 0,543 > 0,05 dengan dasar pengambilan keputusan apabila nilai signifikansi > 0,05 maka Ho diterima dan Ha ditolak, maka tidak terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi guru terhadap hasil belajar PKn ranah kognitif peserta didik kelas dua SDN Jatingaleh 01. Sedangkan pada hasil uji korelasi pada variabel keterampilan komunikasi guru terhadap minat belajar diperoleh nilai sig. 0,0003 < 0,05 artinya terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan komunikasi guru dengan minat belajar PKn peserta didik kelas dua di SD Negeri Jatingaleh 01. Kata Kunci : Keterampilan Komunikasi, Minat Belajar, PKn
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 31 May 2023 02:48 |
Last Modified: | 31 May 2023 02:48 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28724 |
Actions (login required)
View Item |