ANALISIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SD NEGERI BANDUNGROJO

Wardani, Nirmala Wahyu (2023) ANALISIS PENDEKATAN BERDIFERENSIASI PADA HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VI DI SD NEGERI BANDUNGROJO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900064_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900064_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penerapan pendekatan berdiferensisi pada hasil belajar peserta didik kelas VI di SD Negeri Bandungrojo. Kebutuhan belajar peserta didik berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penerapan pendekatan berdiferensiasi serta menganalisis pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan model studi kasus karena penelitian ini bersifat terbuka, tidak terstruktur, dan fleksibel. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas VI SD Negeri Bandungrojo. Variabel penelitian ini meliputi pendekatan berdiferensiasi serta hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penyimpulan data. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berasal dari wawancara, observasi, serta studi kasus. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa cara menerapkan pendekatan berdiferensiasi yaitu dengan memilih materi, mengelompokkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan belajarnya, memfasilitasi media pembelajaran, dan membimbing peserta didik untuk menghasilkan suatu produk. Pendekatan berdiferensiasi ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Pendekatan Berdiferensiasi, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 31 May 2023 02:48
Last Modified: 31 May 2023 02:48
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28722

Actions (login required)

View Item View Item