ANDI ROFIAN, MUHAMMAD (2023) PENGARUH POLA PENDIDIKAN KELUARGA TKW TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SDN PAGENDISAN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900058_fullpdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900058_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
Abstract
Orang tua merupakan unsur keluarga yang terdiri atas ayah dan ibu. Orang tua mempunyai peran yang penting terhadap anaknya. Masih banyak orang tua yang berprofesi sebagai Tenaga Kerja Wanita. Anak yang ditinggal ibunya sebagai Tenaga Kerja Wanita biasanya tinggal bersama ayah, kakek, dan neneknya. Tujuan penelitian: 1) Mengkaji seperti apa pola pendidkan anak dalam keluarga TKW di Desa Pagendisan dan 2) Mengkaji dampak pengaruh pola pendidikan keluarga TKW terhadap prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sedangkan Pengumpulan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan: 1) Pola pendidikan anak dalam keluarga TKW sangatlah signifikan, sehingga masih terdapat beberapa siswa yang masih membantah dan kurang patuh terhadap gurunya saat Pembelajaran yang menyebabkan siswa mendapat nilai kurang baik. Sehingga masih terdapat beberapa siswa yang nilai prestsi kurang dari KKM yang ditentukan. 2) Dampak pengaruh orang tua asuh tunggal terhadap hasil prestasi belajar siswa yaitu tidak mendengarkan apa yang dikatakan oleh guru dan kurang memperhatikan dalam mengikuti pelajaran dan terdapat beberapa siswa yang nilainya belum mencapai KKM. Kata Kunci: pendidikan,tkw,prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:26 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:26 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28696 |
Actions (login required)
View Item |