PENGEMBANGAN LITENUM FUN LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOMULYO 01

Rizkyani, Meiliana (2023) PENGEMBANGAN LITENUM FUN LEARNING BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS IV SD NEGERI SIDOMULYO 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900055_fullpdf.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900055_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini fokus pada pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi android dengan produk akhir berupa aplikasi yang didalamnya termuat soal-soal literasi numerasi. Latar belakang dilaksanankannya penelitian ini dikarenakan rendahnya kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV SD N Sidomulyo 01. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kepraktisan, dan keefektifan media Litenum Fun Learning berbasis aplikasi android untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV. Metode dan digunakan adalah metode R&D dengan model pengembangan DDDE (Decide, Design, Develop, Evaluate). Berdasarkan tahapan pengembangan media Litenum Fun Learning berbasis aplikasi android memperoleh presentase kelayakan 86% dengan kategori “Sangat Layak”. Untuk kepraktisan guru diperoleh presentase 84% dengan kategori “Sangat Praktis” dan kepraktisan siswa diperoleh presentase 83,4% dengan kategori “Sangat Praktis”. Media Litenum Fun Learning berbasis aplikasi android dinilai efektif ditunjukkan dengan hasil nilai pretest dan posttest. Untuk hasil pretest memiliki jumlah skor 1030 dengan rata-rata 38,15 dan untuk hasil posttest memiliki jumlah skor 1710 dengan rata-rata 63,33. Sedangkan pada hasil uji paired sample t test diperoleh bahwa Lower dan Upper bernilai negative atau sig,(2-tailed)=0,000<0,05 yang artinya terjadi perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan media Litenum Fun Learning berbasis aplikasi android kemudian hasil uji gain ternormalisasi menunjukkan kenaikan rata-rata secara klasikal sebesar 0,42 dengan kriteria “Sedang”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Litenum Fun Learning berbasis aplikasi android.memenuhi kriteria layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi siswa kelas IV di SD Negeri Sidomulyo 01. Kata kunci : Literasi Numerasi, Aplikasi Android, Litenum Fun Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:28
Last Modified: 29 May 2023 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28695

Actions (login required)

View Item View Item