Amalia Apriliyani, Lutfi (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE BERBANTU MEDIA PROPROFS BRAIN GAME TERHADAP PRESTASI BELAJAR PPKn SISWA KELAS V SD KARANGSONO 3. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900054_fullpdf.pdf Download (2MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900054_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
Abstract
Berdasarkan hasil penelitian di SDN Karangsono 3 diketahui bahwa prestasi belajar PPKn siswa kelas V SDN Karangsono 3 masih rendah. salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar adalah kebiasaan guru menggunakan pembelajaran dengan metode ceramah kemudian memberikan soal-soal latihan sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar. tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui apakah ada perubahan menggunakan model pembelajaran scramble berbantu media proprofs brain game terhadap prestasi belajar PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scramble berbantu media proprofs brain game.Penelitian ini melibatkan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (menggunakan model pembelajaran scramble) dan kelompok kontrol (menggunakan metode konvesional). Desain yang digunakan adalah model Quasi Eksperimen. Bentuk Quasi Eksperimen yang digunakan adalah pretest-posttest. Teknik sampel yang digunakan adalah peneliti mengambil sampel dengan total sampling yaitu teknik pengambilan sample keseluruhan. Ada perubahan model pembelajaran scramble berbantu media proprofs brain game terhadap prestasi belajar PPKn siswa kelas V SDN Karangsono 3 menunjukkan peningkatan skor rata-rata murid yang melaksankan pretest sebesar 72,14 meningkat menjadi 88,21 pada pelaksanaan posttest yang berarti bahwa peningkatan tersebut berada dalam kategori baik. Hal ini dapat dilihat Uji hipotesis statistic dilakukan terhadap prestasi belajar melalui uji Independent Sample T-test. Dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung 11,626 pada taraf signifikan 0,05 dan df 49, diperoleh ttabel 0,200. Maka diperoleh thitung ≥ ttabel (11,7626 ≥ 0,200) Dengan thitung ≥ ttabel maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan terdapat pengaruh dalam Penerapan Model Pembelajaran Scramble Berbantu Media Proprofs Brain Game. Kata Kunci: Model Pembelajaran Scramble, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 29 May 2023 07:09 |
Last Modified: | 29 May 2023 07:09 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28694 |
Actions (login required)
View Item |