IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KOGNITIF DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR

Ariani, Lisa (2023) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM PEMAHAMAN KOGNITIF DAN PROFIL PELAJAR PANCASILA SISWA SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900052_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900052_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman kognitif dan kurang maksimalnya penerapan profil pelajar pancasila siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu Angket. Penyebaran angket dilakukan di 42 Sekolah Dasar Kecamatan Mranggen Demak dengan sampel 84 guru. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil mean 31,38, median 31, modus 30, nilai minimum 26, nilai maximum 37, Standar deviasi 1,999 dan variansnya 3,998 untuk variabel kurikulum merdeka belajar . Variabel pemahaman kognitif dengan mean 15,90, median 16, modus 18, nilai minimum 10, nilai maximum 21, Standar deviasi 2,718 dan variansnya 7,388. Untuk variabel profil pelajar pancasila diperoleh mean 26,81, median 27, modus 27, nilai minimum 20, nilai maximum 33, Standar deviasi 2,442, varians 5,963. Pada rumusan masalah pertama diperoleh hasil bahwa pemahaman kognitif siswa sekolah dasar di UPTD Kecamatan Mranggen dianggap baik dengan hanya memenuhi lima indikator kognitif saja, hal tersebut dikarenakan rata-rata siswa kelas satu di UPTD Kecamatan Mranggen belum sepenuhnya dapat merangkum materi yang diajarkan guru dengan tepat. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam pemahaman kognitif siswa sekolah dasar dapat dilaksanakan dengan baik. Sedangkan Pada rumusan masalah kedua diperoleh hasil bahwa variabel X dan Y2 telah memenuhi indikator secara penuh yang dapat disimpulkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka belajar dalam profil pelajar pancasila dapat dilaksanakan dengan baik. Kata Kunci : Kurikulum Merdeka Belajar, Pemahaman Kognitif, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:08
Last Modified: 29 May 2023 07:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28693

Actions (login required)

View Item View Item