ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN SARIREJO 2

Fahmi, Ismail (2022) ANALISIS DAMPAK LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MUATAN IPS SISWA KELAS V SDN SARIREJO 2. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900042_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900042_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada analisis Dampak lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada muatan IPS siswa kelas V SDN Sarirejo 2. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji kondisi lingkungan sekolah di SDN Sarirejo 2 dan untuk mengkaji prestasi belajar kognitif siswa pada muatan IPS di SDN Sarirejo 2. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah Guru kelas V SDN Sarirejo 2. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Tahapan analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kondisi lingkungan sekolah di SDN Sarirejo 2 sudah cukup baik tetapi dalam segi fasilitas berupa perpustakaan sekolah dan kedisiplinan siswa pada saat pembelajaran harus dibenahi kembali (2) Dampak lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar kognitif siswa pada muatan IPS siswa kelas V SDN Sarirejo 2, yaitu lingkungan sekolah berdampak positif terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Kata Kunci : Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar Kognitif, IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:55
Last Modified: 29 May 2023 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28688

Actions (login required)

View Item View Item