ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUWATU KECAMATAN GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INDONESIA

Nurullita, Irma (2023) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS V SD NEGERI 1 SUWATU KECAMATAN GABUS DALAM MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INDONESIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900040_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900040_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Rendahnya kualitas Pendidikan di Indonesia sehingga pemerintah berupaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan cara melakukan penyempurnaan pada kurikulum 2013. Penyempurnaan tersebut salahsatunya dilakukan dengan menerapkan pembelajaran yang menekankan pada kemampuan berpikir tingkat tinggi, namun dalam penerapannya di sekolah sebagian besar siswa menganggap bahwa soal-soal yang berkaitan dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah soal-soal yang sulit diselesaikan. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi adalah kemampuan berpikir dengan tingkatan yang lebih kompleks dalam mengolah suatu informasi yang bukan hanya mengingat, menyatakan kembali dan juga merujuk tanpa pengolahan, akan tetapi kemampuan berpikir untuk menelaah informasi secara kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas V SD Negeri 1 Suwatu dalm menyelesaikan soal Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitiatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh yaitu kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V SD Negeri 1 Suwatu dalam menyelesaikan soal Bahasa Indonesia belum mencapai kriteria minimum dan masih tergolong rendah. Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, siswa Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:55
Last Modified: 29 May 2023 06:55
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28687

Actions (login required)

View Item View Item