PENGEMBANGAN MEDIA LEARNING BEE MATH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wulandari, Ika (2023) PENGEMBANGAN MEDIA LEARNING BEE MATH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900036_fullpdf - Copy.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900036_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada pengembangan media pembelajaran yang berdampak terhadap kemampuan berpiki kritis matematika siswa. Kurangnya pemanfaatan media dalam membantu proses pembelajaran terutama media pembelajaran dengan basis teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkna media pembelajaran Learning Bee Math yang valid, praktis dan efektif terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V SD. Penelitian Pengembangan ini dilakukan deangan ADDIE melalui 5 tahap yaitu, Analisis, Disain, Pembuatan produk, Penerapan, dan evaluasi. Produk dikembangkan dengan Power point, Ispring dan Apk Builder. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di SD N Karangwotan 02 TA 2022/2023. Penelitian dilakukan melalui validasi ahli dengan rata rata nilai 92 termasuk kategori sangat layak, angket respon guru dan siswa diperoleh 98,4 dan 93, sedangkan hasil nilai tes kemampuan berpikir krtis menunjukkan peningkatan dengan signifikasi hitung 0,000 dengan hasil uji gain 0,53 dengan kategori peningkatan sedang. Sehingga media Learning Bee Math efektif terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Berpikir Kritis, Matematika, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:25
Last Modified: 29 May 2023 07:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28681

Actions (login required)

View Item View Item