TEACHER BELIEF DAN PRAKSIS GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI SEDO 1

Mistia Ayu Kartika, Hardella (2023) TEACHER BELIEF DAN PRAKSIS GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SD NEGERI SEDO 1. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900033_fullpdf.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900033_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)

Abstract

Penelitian berfokus pada bagaimana teacher belief dan praksis guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Kurangnya waktu dalam beradaptasi dengan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka serta tuntutan dari pemerintah membuat guru memiliki berbagai kendala dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran terutama dalam keyakinan dan praksis guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan teacher belief dalam implementasi kurikulum merdeka dan praksis guru dalam implementasi kurikulum merdeka. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru yaitu guru kelas 1 dan guru kelas 2 di SD Negeri Sedo 1. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles & Huberman. Berdasarkan hasil penelitian data menunjukkan bahwa teacher belief bukan hanya sekedar kedudukan sebagai guru dalam memahami kurikulum merdeka melainkan kesesuaian antara perkataan dan pelaksanaan kurikulum merdeka serta praksis guru dalam implementasi kurikulum merdeka ditandai dengan terlaksananya peran guru sebagai fasilitator, mediator, dan motivator. Kata Kunci : Teacher Belief, Praksis Guru, Kurikulum Merdeka

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:22
Last Modified: 29 May 2023 07:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28679

Actions (login required)

View Item View Item