PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KEMITRAAN DALAM PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK (STUDI EMPIRIS PADA UMKM EMPING MELINJO DI KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG)

Lidaningrum, Meilisa (2023) PENGARUH MANAJEMEN PENGETAHUAN DAN KEMITRAAN DALAM PENINGKATAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI INOVASI PRODUK (STUDI EMPIRIS PADA UMKM EMPING MELINJO DI KECAMATAN LIMPUNG KABUPATEN BATANG). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401700124_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401700124_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh manajemen pengetahuan dan kemitraan dalam peningkatan keunggulan bersaing melalui inovasi produk (Studi Empiris Pada Umkm Emping Melinjo Di Kecamatan Limpung Kabupaten Batang). Hipotesis dari penelitian ini adalah manajemen pengetahuan dan kemitraan berpengaruh positif terhadap inovasi produk. Manajemen pengetahuan, kemitraan, dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap peningkatan keunggulan bersaing. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 97 pemilik UMKM. Kemudian metode pengumpulan data melalui kuesioner dan analisis data mengunakan SPSS yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji F, serta pengujian hipotesis menggunakan uji t, R2, dan uji sobel Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk. Manajemen pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan keunggulan bersaing. Kemitraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan keunggulan bersaing. Inovasi produk tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap peningkatan keunggulan bersaing. Kata Kunci: Manajemen Pengetahuan, Kemitraan, Inovasi Produk, Dan Peningkatan Keunggulan Bersaing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:58
Last Modified: 29 May 2023 06:58
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28674

Actions (login required)

View Item View Item