PENGARUH ISLAMIC LEADERSHIP, KNOWLEDGE DONATING DAN KNOWLEDGE COLLECTING TERHADAP PENINGKATAN WORK SPIRIT (Studi pada Karyawan RSI Sultan Agung Semarang)

Hidayat, Rizka Afrizal (2023) PENGARUH ISLAMIC LEADERSHIP, KNOWLEDGE DONATING DAN KNOWLEDGE COLLECTING TERHADAP PENINGKATAN WORK SPIRIT (Studi pada Karyawan RSI Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401700213_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Manajemen_30401700213_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh islamic leadership, knowledge donating, dan knowledge collecting terhadap work spirit. Pentingnya work spirit untuk mendorong seseorang lebih memberikan kinerja dan berkarya serta berkreativitas dalam pekerjaanya. Untuk meningkatkan workspirit pada karyawan, tentunya perlu adanya peran seorang pemimpin untuk menggerakkan para karywannya, yakni dengan adanya peran islamic leadership. Islamic leadership merupakan kegiatan menuntun, membimbing, memandu, dan menunjukkan jalan yang diridhoi Allah SWT. Selain itum penting juga menerapkan knowledge donating dan knowledge collecting yang dilakukan karyawan guna untuk menciptakan karyawan lebih siap melaksanakan tugasnya, perusahaan akan kebih mudah untuk mencapai targetnya, selain itu mereka dapat terinspirasi dengan kepemimpinan yang islami dengan sifat tabligh yang mampu mengajarkan ilmu kepada karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan metode explanatory research. Responden yang digunakan dalam penelitian adalah 100 karyan di RSI Sultan Agung Semarang yang meliputi dokter, perawat bidan, penunjang medis, dan penunjang no-medis. Teknik analisis data yang digunakan adalah SPSS tipe 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa islamic leadership memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap knowledge donating, knowledge collecting, dan work spirit. Kemudian knowledge collecting juga memiliki pengaruh positif signifikan terhadap work spirit. Sedangkan knowedge donating tidak berpengaruh terhadap work spirit. Selain itu, knowledge donating tidak mampu menjadi variabel intervening antara islamic leadership terhadap work spirit karena nilai statistik uji sobel kurang dari 1,96. Namun knowledge collecting mampu menjadi variabel interveningantara islamic leadershipterhadap work spirit karena memiliki nilai sobel lebih dari 1,96 dan signifikan. Kata Kunci : islamic leadership, knowledge donating, knowledge collecting, work spirit

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:19
Last Modified: 29 May 2023 07:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28667

Actions (login required)

View Item View Item