PENGARUH SPIRITUAL LEADERSHIP DAN ETIKA KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Hapid D.N, Ryan Febriyana (2023) PENGARUH SPIRITUAL LEADERSHIP DAN ETIKA KERJA ISLAM TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi pada Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG SEMARANG.

[img] Text
Manajemen_30401700219_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Manajemen_30401700219_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh spiritual leadership dan etika kerja Islam terhadap kinerja dengan komitmen organisasi sebagai variabel intervening. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari 90 karyawan Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang, Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah probability sampling. Dengan kriteria pegawai tetap Rumah Sakit Islam Sultan Agung. Bekerja lebih dari satu tahun. Pengujian dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan paket program SPSS 26.0 dan untuk menguji pengaruh variable intervening digunakan analisis jalur dan sobel test. Hasilnya, menunjukkan bahwa spiritual leadership dan etika kerja Islam benar-benar berpengaruh terhadap Komitmen organisasi, spiritual leadership tidak berpengaruh terhadap kinerja. Selain itu Komitmen organisasi juga berperan sebagai mediator penting dalam hubungan spiritual leadership dan etika kerja Islam terhadap kinerja. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi ilmu pengetahuan manajemen sumber daya manusia, perusahaan dan secara praktis juga bermanfaat guna meningkatkan kinerja karyawan. Kata Kunci: Spiritual leadership, Etika Kerja Islam, Komitmen Organisasi, Kinerja Karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:18
Last Modified: 29 May 2023 07:18
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28666

Actions (login required)

View Item View Item