PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN JEMBULWUNUT

Soraya, Eny (2023) PENGARUH MEDIA KARTU GAMBAR SERI TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MUATAN BAHASA INDONESIA KELAS II SDN JEMBULWUNUT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900026_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900026_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB)

Abstract

Keberhasilan tujuan pembelajaran salah satunya dipengaruhi oleh faktor penggunaan alat bantu mengajar (media pembelajaran). Namun, proses pembelajaran di SDN Jembulwunut tidak pernah menggunakan media pembelajaran. Proses pembelajaran disana masih mengacu pada buku dan ceramah. Maka dari itu, saat guru mengajar penting untuk memperhatikan cara penyampaian materi pembelajaran agar siswa dapat menerima materi tersebut dengan baik, salah satunya dengan menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media kartu gambar seri terhadap hasil belajar kognitif siswa muatan Bahasa Indonesia kelas II SDN Jembulwunut. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen Quasi Eksperimental Desaign, dan bentuk desaign Nonequivalent Control Group Design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 24 orang siswa terdiri dari kelas II SDN Jembulwunut dan SDN Kedungsari 2. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis (paired sampel t test). Dari hasil data analisis uji paired sampel t test didapatkan nilai lower dan upper bernilai negatif yaitu Lower -40.55379 dan Upper -32.94621 dengan nilai Sig. (2-tailed) : 0,000 < α = 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulannya yaitu terdapat pengaruh media kartu gambar terhadap hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas II SDN Jembulwunut. Kata Kunci : Media Kartu Gambar Seri, Hasil Belajar Kognitif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:51
Last Modified: 29 May 2023 06:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28658

Actions (login required)

View Item View Item