PENGARUH MODEL NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA “LEMDAWA” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS III DI SDI ASSHODIQIYAH

Wulanningrum, Eka (2023) PENGARUH MODEL NHT (NUMBER HEADS TOGETHER) BERBANTUAN MEDIA “LEMDAWA” TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS III DI SDI ASSHODIQIYAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900025_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900025_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Penelitian eksperimen semu ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe NHT ( Number Heads Together ) terhadap pemahaman matematika siswa. Penelitian ini Penelitian ini merupakan jenis penelitian adalah pre- eksperimen. Sedangkan bentuk dari desainnya adalah “pre – test dan post – test one group design” yaitu penelitian yang hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas III semester genap SDI Asshodiqiyah tahun pelajaran 2022/2023. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik SD Asshodiqiyah kelas III dengan teknik Sampling Nonrandom yang bertipe teknik Sampling jenuh didapat sampelnya yaitu kelas III sebagai kelas eksperimen. Berdasarkan Analisis data yang digunakan adalah uji analisis variansi satu jalan. Hasil uji t One Sample Test pada post test, didapatkan nilai t hitung > t tabel yaitu 2.966 > 2.052, maka HI diterima dan H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model NHT ( Number Heads Together ) berbantuan media “LEMDAWA” dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDI Asshodiqiyah. Hasil nilai sig. 0.006 < 0.05 maka H0 ditolak sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh model NHT ( Number Heads Together ) berbantuan media “LEMDAWA” dengan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas III SDI Asshodiqiyah. Kata kunci : number heads together, pemahaman konsep matematika, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 06:50
Last Modified: 29 May 2023 06:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28657

Actions (login required)

View Item View Item