ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 PANGEMPON

Husniati, Dwi (2023) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN DI SD NEGERI 2 PANGEMPON. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900023_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900023_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Analisis Kesulitan Guru dalam Membuat Media Pembelajaran di SD Negeri 2 Pangempon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan guru dalam membuat media pembelajaran dan upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi kesulitan membuat media pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang sering digunakan guru yaitu buku paket dan benda-benda konkret. Selain pada penggunaan media pembelajaran yang tersedia, guru mengalami kesulitan dalam membuat media pembelajaran diantaranya kesulitan membuat media pembelajaran berbasis IT, kesulitan menentukan ide untuk membuat media pembelajaran, dan kurangnya jiwa kreativitas. Selain itu, penyebab kesulitan disebabkan karena kurangnya kemampuan pemahaman dan pengetahuan guru dalam membuat media pembelajaran serta keterbatasan waktu guru untuk membuat media pembelajaran. Sehingga, upaya yang dapat dilakukan guru yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang tersedia di sekolah dan memanfaatkan sumber internet yaitu video pembelajaran di YouTube. Kata Kunci: Kesulitan Guru, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 29 May 2023 07:01
Last Modified: 29 May 2023 07:01
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28655

Actions (login required)

View Item View Item