Cahyaningrum, Arima (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS V SDN KUNCIR 2 WONOSALAM DEMAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900016_fullpdf.pdf Download (3MB) |
|
Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900016_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penggunaan model pembelajaran yang belum inovatif yakni model belajar konvensional terjadi pada jenjang Sekolah Dasar terutama pada mata pelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan untuk mengetahui apakah kemampuan berpikir kritis matematis siwa sudah memenuhi KKM. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis PreExperimental Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar tes kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil uji hipotesis 1 menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis matematis yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil uji N-gain sebesar 0,66 yang menunjukkan peningkatan pada taraf sedang. Hasil hipotesis II menujukkan bahwa t hitung > -t tabel (3.076 > -2.074), artinya nilai kemampuan berpikir kritis matematis siswa kelas V SDN Kuncir 2 Wonosalam Demak sudah memenuhi KKM. Kata kunci : Problem Based Learning, Kemampuan berpikir kritis matematis
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 25 May 2023 07:21 |
Last Modified: | 25 May 2023 07:21 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28652 |
Actions (login required)
View Item |