PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DAN SIKAP KERJASAMA KELAS IV SD NEGERI KALIREJO 01

Dita Putri Hapsari, Anin (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA DAN SIKAP KERJASAMA KELAS IV SD NEGERI KALIREJO 01. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900012_fullpdf.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)_34301900012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman dan sikap Kerjasama siswa kelas IV SD Negeri Kalirejo 01. Proses pembelajaran yang dilakukan guru cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan sikap Kerjasama siswa melalui model CIRC. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Tanggart yang dilakukan melalui dua siklus. Pengumpulan data dilakukan melalui tes dan angket.. Hasil perolehan nilai tes kemampuan membaca pemahaman pada siklus I memperoleh rata-rata 61,67 dengan presentase ketuntasan belajar 53% , siklus II rata-rata 78,17 dengan presentase ketuntasan belajar 80%. Hasil perolehan angket sikap Kerjasama pada siklus I memperoleh presentase 72% dan siklus II memperoleh presentase 90%. Maka dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dan sikap Kerjasama siswa Kata kunci: Model pembalajaran CIRC, membaca pemahaman, dan sikap Kerjasama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 26 May 2023 07:42
Last Modified: 26 May 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/28649

Actions (login required)

View Item View Item